Kendaraan melintasi jembatan Nongko di Polokarto, Sukoharjo, Selasa (2/7/2019). (Solopos/Indah Septiyaning W.)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Lima jembatan di Sukoharjo akan direhab pada tahun ini. Kelimanya yakni Jembatan Nongko, Jembatan Godog, dan Jembatan Mranggen di Polokarto, Jembatan Gondang di Baki, dan jembatan Tapang di Bulu.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sukoharjo Sardjito memerinci empat jembatan yaitu Nongko, Godog, Mranggen, dan Gondang pengerjaannya berupa pelebaran.

Sedangkan Jembatan Tapang di Bulu berupa rehab berat dengan membongkar dan membangun ulang jembatan. Lebih lanjut dia menjelaskan pelebaran jembatan akan dikerjakan masing-masing 1,5 meter baik di kanan maupun kiri jembatan.

Selama proses pengerjaan pelebaran jembatan tersebut nanti tidak dilakukan penutupan akses lalu lintas. Jembatan masih bisa dilalui kendaraan meski aksesnya menjadi sedikit tersendat.

Berbeda dengan pengerjaan Jembatan Tapang di Bulu, Pemkab akan menutup akses jembatan tersebut. Pengerjaan akan dilakukan dengan merobohkan dan membangun ulang jembatan penghubung antardesa tersebut.

"Jembatan Tapang ini bukan akses jalan utama. Jadi saat pengerjaan pun tidak akan mengganggu lalu lintas. Nanti akses lalu lintas akan dialihkan ke jalan di sekitarnya," jelas Sardjito, Selasa (2/7/2019).

Proyek revitalisasi jembatan memasuki tahapan lelang dan ditargetkan rampung akhir tahun anggaran ini. Secara keseluruhan, dia mengatakan kondisi jembatan di Kabupaten Sukoharjo berstatus baik.

Merujuk data, di Kabupaten Sukoharjo tercatat ada 200-an jembatan. Dari jumlah itu, jembatan yang berstatus milik Kabupaten Sukoharjo tercatat ada 165 jembatan. Lainnya berstatus milik Provinsi Jawa Tengah dan pemerintah pusat.

Pemkab Sukoharjo memiliki tim pengawas jalan dan jembatan yang selalu mengecek konstruksi jembatan. Hal ini guna mengukur kekuatan masing-masing jembatan. Selain untuk mengetahui kekuatan struktur juga mendeteksi kerusakan tiap jembatan.

"Meski usia jembatan rata-rata sudah puluhan tahun, kondisinya masih baik. Insya Allah masih layak dilalui kendaraan," katanya.

Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Sukoharjo, Bowo Sutopo Dwi Atmojo, mengatakan Pemkab Sukoharjo menyiapkan anggaran Rp90 miliar pada tahun ini untuk peningkatan dan pemeliharaan infrastruktur jalan dan jembatan.

Berbagai program terus dikerjakan Pemkab untuk meningkatkan infrastruktur daerah agar mendukung pertumbuhan perekonomian warga.

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten

%d blogger menyukai ini: