5 Hari Di Paris, Gibran Akan Jualan Produk Unggulan UMKM Solo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka akan berada di Paris, Prancis, selama lima hari guna mendampingi pelaku UMKM pameran produk unggulan.

 Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, bersama perwakilan dari Shopee Indonesia seusai konferensi pers di Loji Gandrung Solo, Senin (23/5/2022) siang. (Solopos/Kurniawan)

SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, bersama perwakilan dari Shopee Indonesia seusai konferensi pers di Loji Gandrung Solo, Senin (23/5/2022) siang. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, akan berada di Paris, Prancis, selama lima hari untuk memimpin rombongan pelaku usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM menggelar pameran berbagai produk kreatif unggulan dan kebudayaan.

Bila tidak ada perubahan, Gibran akan berangkat pada 5 Juni 2022. Hal itu ia sampaikan saat konferensi pers Pameran Produk UMKM di Paris, Senin (23/5/2022), di Loji Gandrung, Solo. Hadir dalam acara itu Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Handika Jahja.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Ada juga Head of Public Affairs Shopee Indonesia, Radynal Nataprawira. Mereka menjelaskan pameran produk UMKM Solo di Paris akan berlangsung pada 8 Juni 2022 hingga 15 Juli di BHV Marais, mal yang satu grup dengan galeri Lafayette.

“Kemarin ada tim yang ke Solo, ngobrol sama Mas Gibran dan tertarik dengan keberagaman budaya di Solo, sangat antusias membawa kultur budaya Solo ke sana untuk ditunjukkan. Kami berharap dari acara ini bisa mengenalkan budaya Solo,” ujar Radynal.

Radynal menjelaskan pameran produk unggulan UMKM itu merupakan kolaborasi KBRI di Prancis dengan Pemkot Solo. Shopee Indonesia terlibat dalam kegiatan itu untuk mendukung. Sebab sebagian peserta pameran diambil dari program Shopee Kampus UMKM Solo.

Baca Juga: Geliatkan UMKM Soloraya, OJK Solo Dorong Optimalisasi Peran TPAKD

Produk Sudah Diseleksi

“Target yang kami tetapkan tahun lalu 10.000 eksportir dari Solo sudah tercapai, sebelum 1 tahun. Dari perkembangan ini, antusiasme, dan ekosistem yang terbentuk, kami berpikir apa lagi yang bisa dilakukan untuk menyemangati UMKM karya Solo,” urainya.

Sedangkan Gibran mengatakan akan berangkat bersama dua kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Solo. Tapi ia tidak menyebutkan siapa saja kepala OPD yang akan bersamanya ke Paris. “Lima hari di sana, ada dua kepala dinas ikut,” katanya.

Ihwal produk UMKM yang akan dipamerkan di BHV Marais, menurut Gibran, sudah diseleksi dan merupakan unggulan dari Solo, bukan Soloraya. Dia menekankan keberangkatannya ke Paris sebagai aktualisasi atas apa yang sudah dikerjakan di Shopee Kampus UMKM Solo.

Baca Juga: Wali Kota Gibran Dorong UMKM Solo Naik Kelas dan Ramah Lingkungan

“Di sana sudah banyak UMKM Solo yang dibina, diinkubasi, saatnya bawa barang-barang unggulan kita untuk pameran dan showcase kan di Paris,” tandasnya. Produk-produk yang dibawa ke Paris berupa produk fashion seperti batik, dan perlengkapan rumah.

Ada juga produk kerajinan tangan, maupun produk kreatif lain buatan Solo. “Yang jelas 5 Juni 2022 saya akan berangkat. Kami sudah seleksi barang-barang unggulan,” terangnya. Untuk kegiatan selama di Paris Gibran akan fokus kegiatan pameran dan jualan.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Menunggu Alien Tampil di Kota Solo

+ PLUS Menunggu Alien Tampil di Kota Solo

Band progresif metal asal Amerika Serikat, Dream Theater, dipastikan akan tampil pada konser di Kota Solo, Jawa Tengah. Ini adalah bagian tur di Asia yang hanya berlokasi di Indonesia dan Jepang.

Berita Terkini

4.310 Rumah di Wonogiri Belum Punya Instalasi Listrik Sendiri, Gantol?

Sebanyak 4.310 rumah di Kabupaten Wonogiri, Jawa tengah belum memiliki instalasi listrik sendiri sehingga masih menumpang ke rumah tetangga.

Lah! Air Sungai di Karangdowo Klaten Mendadak Berbusa, Banyak Ikan Mati

Sungai di wilayah Desa Tulas, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mendadak berbusa sehingga menyebabkan banyak ikan mati.

Cemas & Depresi, Kondisi Remaja Wonogiri yang Sempat Hilang 1 Tahun

P2TP2A Wonogiri menyebut kondisi remaja perempuan asal Wonogiri yang sempat hilang hampir setahun lalu, MD, 17, tertekan secara psikis, seperti cemas, depresi, dan memiliki kecenderungan bunuh diri.

Makamnya Ada di Pasar Jamu Nguter Sukoharjo, Ini Kisah Mbah Lenguk

Pasar Jamu Nguter di Nguter, Sukoharjo, sejak lama menjadi pusat penjualan beragam jenis jamu dan empon-empon baik serbuk, cair, dan kemasan.

Grab OVO Buka Layanan Pembayaran Drive Thru Di Galabo Solo, Mudah-Cepat

Grab OVO meluncurkan layanan drive thru untuk pembayaran beberapa pelayanan publik seperti PBB, pajak kendaraan dan tagihan PDAM di pusat kuliner Galabo, Solo, Kamis (30/6/2022).

Pasar Jongke-Kabangan Solo Bakal Digabung, Pedagang Ngaku Belum Tahu

Sejumlah pedagang Pasar Jongke Solo mengaku belum tahu rencana Pemkot menggabungkan pasar tersebut dengan Pasar Kabangan pada revitalisasi mendatang.

Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini: Banyak Berawan

BMKG merilis prakiraan cuaca sragen hari ini bakal berawan sepanjang hari tanpa hujan.

Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Cerah Berawan

Hujan sudah mulai jarang turun. Prakiraan cuaca karanganyar hari ini akan tanpa hujan sepanjang hari.

Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini Kamis 30 Juni 2022: Dominan Berawan

Prakiraan cuaca wilayah Boyolali hari ini Kamis (30/6/2022) tersaji lengkap dalam artikel ini.

Prakiraan Cuaca Solo 30 Juni: Panas Lur, Suhu Sampai 33 Derajat Celcius

Prakiraan cuaca Kota Solo dari BMKG untuk hari ini, Kamis (30/6/2022), akan panas pada siang hari dengan suhu mencapai 33 derajat Celcius.

Prakiraan Cuaca Sukoharjo Kamis 30 Juni 2022: Hari Ini Cerah Berawan

Berikut ini prakiraan cuaca untuk wilayah Sukoharjo sepanjang hari Kamis (30/6/2022).

Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Kamis Ini: Cerah Berawan Pagi

Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Kamis 30 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Prakiraan Cuaca Klaten Hari Kamis Ini: Cerah Berawan Pagi-Siang

Prakiraan cuaca Klaten hari ini Kamis 30 Juni 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

Pengin Nonton Konser Dream Theater Di Solo? Ini Link Buat Beli Tiketnya

Tiket konser Dream Theater yang akan digelar 10 Agustus mendatang di Area Parkir A dan B Stadion Manahan Solo dijual secara online mulai Jumat (1/7/2022).

Hasil PPDB SMP di Wonogiri, Ada Sekolah yang Kekurangan Siswa

Seleksi pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Kabupaten Wonogiri telah diumumkan, Senin (27/6/2022).