Tutup Iklan

5 Formasi CPNS di Wonogiri Ini Sepi Peminat, Yuk Daftar

Lima formasi seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah sepi peminat menjelang batas akhir pendaftaran.

 Ilustrasi perekrutan CPNS Pekalongan. (Antara)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi perekrutan CPNS Pekalongan. (Antara)

Solopos.com, WONOGIRI – Lima formasi seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah sepi peminat. Menjelang penutupan masa pendaftaran dan penyerahan berkas dokumen administrasi pada Senin (26/7/2021) lima formasi CPNS Wonogiri itu belum banyak dilirik peserta.

Kelima formasi seleksi CPNS tersebut yakni dokter spesialis bedah mulut, dokter spesialis patologi klinik, dokter spesialis jantung, dokter spesialis rehabilitasi medik, dan tenaga epidemiologi kesehatan.

Sebelumnya pendaftaran seleksi CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja  (PPPK) dibuka pada 30 Juni 2021 hingga 21 Juli 2021. Lantaran sejumlah formasi sepi peminat dan untuk memberikan kesempatan lebih luas bagi masyarakat maka masa pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK diperpanjang hingga Senin.

Baca juga: Jalan di Solo Kapan Dibuka? Ini Kata Kasatlantas

Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Aparatur Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri, Wahyudi, mengatakan lima formasi dokter spesialis dan tenaga epidemiologi kesehatan nihil pelamar sehari menjelang masa penutupan seleksi CPNS dan PPPK.

Total jumlah formasi CPNS dan PPPK yang disetujui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) sebanyak 3.793 formasi.

“Sebelum masa pe ndaftaran dan pengumpulan dokumen administrasi kelima formasi itu sepi peminat. Sekarang juga belum ada pelamar yang memasukkan berkas administrasi di ketiga formasi tersebut,” kata dia, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (25/7/2021).

Wahyudi menyebut jumlah formasi CPNS sebanyak 248 formasi meliputi 190 tenaga kesehatan dan 58 pegawai teknis. Sedangkan jumlah formasi PPPK sebanyak 3.545 formasi meliputi 3.325 formasi guru dan 220 formasi tenaga kesehatan.

Baca juga: Kisah Bagas Pemanah Indonesia di Olimpiade Tokyo: Anak Pak Bon SD Asal Klaten & Mantan Atlet Panahan Andalan Jateng

Para pelamar harus melengkapi berkas dokumen administrasi yang diunggah dalam portal sistem seleksi calon aparatur sipil negara (SSCASN). Pelamar harus memastikan  ukuran file dan jenis file yang akan diunggah tidak melebihi dari batasan masing masing dokumen yang dipersyaratkan di SSCASN. Apabila melebihi dari batasan ukuran yang ditetapkan maka secara otomatis file atau dokumen ditolak oleh sistem.

Misalnya, scan pasfoto berlatar belakang merah maksimal 200 kilobyte bertipe file jpg. Ukuran scan transkip  nilai maksimal 500 kilobyte bertipe file pdf.

“Persyaratan  administrasi ini harus dicermati para pelamar. Sehingga seluruh persyaratan administrasi bisa diunggah di portal SSCASN,” ujar dia.

Hasil seleksi administrasi bakal diumumkan pada 2-3 Agustus. Para pelamar yang lolos seleksi administrasi bakal mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB). Wahyudi masih menunggu informasi dari pemerintah pusat ihwal lokasi tes seleksi. Namun, kemungkinan besar lokasi tes seleksi dilaksanakan di luar wilayah Wonogiri.

Baca juga: Lagi Isoman, Warga Wonogiri bisa Dapatkan Sembako Gratis dengan Cara Ini

Tes seleksi CPNS pada beberapa tahun lalu dilaksanakan di Gedung Lembaga Pengembangan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Karanganyar. Selain Wonogiri, tes seleksi CPNS sejumlah daerah di Soloraya juga dilaksanakan di lokasi tersebut.

“Bisa juga di kantor regional Badan Kepegawaian Negara (BKN) terdekat dengan lokasi peserta. Pelaksanaan tes seleksi berbeda dengan sebelumnya lantaran menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Satu hari hanya tiga sesi,” papar Wahyudi.

Seorang warga Desa Kaliancar, Kecamatan Selogiri, Ahmadi, berharap seleksi CPNS dan PPPK menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kualitas, integritas, dan keahlian di bidangnya masing-masing. Para ASN dituntut bekerja secara profesional dalam peningkatan pelayanan terhadap masyarakat.

Berita Terkait

Berita Terkini

Terapis Gay yang Digerebek di Indekos Solo Ngaku Punya Istri dan Anak

Selama tinggal di rumah kos atau indekosnya, para terapis gay bersama seorang mucikarinya berinisial D menyewa dua kamar.

Saluran Irigasi di Wonosari Klaten Memerah, Polisi Tunggu Hasil Lab

Polisi masih menunggu hasil laboratoriumnya untuk mengetahui apakah ada zat-zat tertentu atau zat berbahaya yang mencemari saluran irigasi itu.

Setelah Pasar Janglot, Giliran 2 Rumah Depan Pasar Galeh Terbakar

Penyebab kebakaran itu belum diketahui secara pasti tetapi satu dari dua unit bangunan rumah rumah itu di Desa Galeh itu ludes dengan kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Kecil-Kecil, Magot Mampu Reduksi 6 Ton Sampah di Makamhaji Kartasura

DLH Sukoharjo mengajak pemerintah desa/kelurahan membudidayakan magot untuk mengurangi volume sampah yang diproduksi masyarakat.

Kebun Warga untuk Pengembangan Ekonomi dan Bantu Cegah Stunting

Warga RW 011 Kelurahan Sangkrah, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, mengelola kebun sayuran di lahan bekas relokasi bantaran Sungai Bengawan Solo. Keberadaan kebun itu membantu mereka yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi Covid-19 sekaligus mendukung program kesehatan pencegahan stunting.

Pengumuman! SIPA Hybrid Festival 2021 Pindah Lokasi ke TSTJ Solo

Lokasi penyelenggaraan Solo International Performing Art atau SIPA Hybrid Festival 2021 dipindah dari Mangkunegaran ke TSTJ.

Pemadaman Listrik Solo, Karanganyar, Klaten, Selasa (28/9/2021)

Berikut jadwal pemadaman listrik di Solo, Karanganyar dan Klaten hari ini, Selasa (28/9/2021) yang berlangsung selama tiga, empat dan lima jam.

8 Fakta Terbongkarnya Praktik Prostitusi Gay di Indekos Nusukan Solo

Terbongkarnya praktik prostitusi kaum gay di salah satu rumah indekos wilayah Nusukan, Banjarsari, Solo, mengungkap sejumlah fakta.

Pendampingan Kelompok Rentan HIV/AIDS di Sragen Terhambat PPKM

KPA Sragen mengkoordinasi Dinas Kesehatan dan rumah sakit (RS) untuk mengobati pasien positif HIV/AIDS.

Pelaku Prostitusi Gay Terciduk di Indekos Solo, Sekamar Dipakai Berlima

Para terduga pelaku prostitusi gay di indekos wilayah Nusukan, Solo, menempati dua kamar di mana salah satunya dipakai berlima.

Beasiswa Mahasiswa Berprestasi Wonogiri Batal Dihentikan, Ini Alasannya

Mahasiswa berprestasi penerima beasiswa secara terorganisasi terlibat langsung dalam program yang dijalankan organisasi perangkat daerah (OPD) maupun pemerintah desa.

Gibran Ungkap Alasan di Balik Tes Antigen Guru-Murid SDN Laweyan Solo

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan alasan di balik tes antigen mendadak dan acak di SDN Laweyan No 54 Solo.

PTM di SMKN 3 Klaten Tak Terapkan Sistem Sif Pagi-Siang

Sistem pergantian siswa yang mengikuti PTM dilakukan pergantian setiap hari untuk mempermudah proses sterilisasi ruang kelas.

Ini Sederet Keunggulan Colomadu Calon Solo Baru-nya Karanganyar

Ada banyak pertimbangan melatarbelangi rencana menjadikan Colomadu sebagi pusat bisnis, terutama berkaitan dengan akses, fasilitas penunjang, dan sarana transportasi.

Jelang Pengeringan Colo Barat, Petani Selogiri Tak Khawatir

Sebagian besar tanaman padi berpeluang besar tetap bisa panen walaupun tak mendapat irigasi ketika nanti saluran irigasi kering.