Para pemain Timnas Spanyol merayakan gol. (REUTERS/Marcelo del Pozo)

Solopos.com, SOLO - Timnas Spanyol memastikan diri lolos ke putaran final Piala Eropa 2020. Mereka mengikuti lima tim lainnya yang sudah lebih dulu lolos yakni Belgia, Italia, Ukraina, Rusia, dan Polandia.

Spanyol lolos setelah bermain imbang 1-1 melawan Swedia di Friends Arena, Rabu (16/10/2019) dini hari WIB. Spanyol tertinggal lebih dulu setelah Marcus Berg mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-50. La Furia Roja baru bisa menyamakan kedudukan di masa injury time lewat Rodrigo Moreno.

Tambahan satu poin, Spanyol kini menempati peringkat pertama klasemen Grup F Kualifikasi Piala Eropa 2020. Mereka mengoleksi 20 poin dari delapan pertandingan. Jumlah poin itu membuat Spanyol minimal finis di peringkat kedua dengan dua sisa pertandingan.

Berikut lima fakta menarik kelolosan Spanyol seperti dikutip dari Opta Jose:

-Keberhasilan timnas Spanyol melaju ke putaran final Euro merupakan yang ketujuh secara beruntun dalam ajang empat tahunan ini. Sebelumnya, mereka berpartisipasi di Euro pada edisi 1996, 2000, 2004, 2008, 2012, dan 2016.

-Berkat gol Rodrigo, Spanyol sukses mencatat 26 laga kualifikasi tak terkalahkan secara kontinu, baik itu untuk Piala Eropa maupun Piala Dunia.

-Rodrigo tercatat telah berpartisipasi dalam 10 gol (8 lesakan dan 2 assist) yang diukir untuk Timnas Spanyol dalam 22 penampilan.

-Inilah starting XI Spanyol paling minim pengalaman sejak 12 Oktober 2002. Jika diakumulasi, jumlah penampilan 11 pemain starter Tim Matador cuma mencapai 205 caps. Pemain paling senior dalam laga ini adalah Raul Albiol, yang mengenakan ban kapten untuk kali pertama. Ia sendiri telah mengemas 54 caps.

-David de Gea diganti degan Kepa Arrizabalaga pada menit ke-60 setelah mendapatkan cedera otot kaki bagian belakang. Kejadian ini adalah kejadian langka karena cuma dua kali terjadi di Tim Matador. Yang pertama terjadi padda 8 September 1999 yaitu ketika Toni Jimenez digantikan legenda Valencia, Santiago Canizares.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten