5 Channel Youtube Edukasi yang Aman Ditonton Bayi dan Anak-Anak

Solopos.com, SOLO -- Dunia digital sekarang begitu akrab dengan kehidupan anak- anak. Sekarang banyak orang tua menggunakan Youtube sebagai sarana belajar dan hiburan untuk bayi hingga anak-anak. Bahkan Youtube sampai dijuluki sebagai nanny atau pengasuh terbaik.

Berikut channel Youtube untuk anak yang aman dan mendidik, sebagaimana dirangkum Solopos.com dari berbagai sumber, Senin (7/9/2020):

Pinkfong Kid's Song & Strories

Channel Youtube ini memproduksi lagu Baby Shark terpopuler dan booming di seluruh dunia. Tidak hanya dinyanyikan oleh anak-anak, orang dewasa juga banyak hafal.

Di channel Youtube ini, anak-anak tidak hanya bisa belajar menyanyi dan menari tapi bisa belajar tentang hewan, transportasi, dan masih banyak lainnya. Selain rutin mengunggah konten anak-anak di Youtube, Pinkfong juga memiliki aplikasi khusus anak, mainan, dan juga buku edukasi untuk anak.

Netizen Indonesia Heran Lihat Youtuber China Ini Fasih Berbahasa Arab

Blippi

Blippi adalah seorang pria dewasa lucu berkostum unik dengan kacamata dan topi yang khas. Karakter ini diperankan oleh Stevin John, 32, pria kelahiran Ellensburg, Washington, Amerika Serikat. Menariknya, Stevin John adalah mantan tentara Angkatan Udara Amerika Serikat yang bertugas di pesawat angkut militer C-17 Globemaster.

Blippi biasa berkunjung ke berbagai tempat seperti toko roti, museum, dan taman bermain. Stevin John meramu karakter ini dengan kemampuan yang bagus dalam menjelaskan secara sederhana dan mudah dimengerti. Selain itu Blippi juga menggunakan bahasa yang sopan, dan tidak kasar.

Melalui kunjungannya itu, ia memberi edukasi mengenai tempat dengan memperkenalkan benda-benda yang dia temui, menjelaskan fungsi, dan cara kerja sebuah alat. Bahkan ia juga mengajarkan pengetahuan dasar untuk anak usia dini seperti berhitung, warna dasar, dan mengeja.

Dalam beberapa videonya, Blippi juga mempromosikan pola hidup sehat, kreativitas, dan aktivitas di luar rumah. Melalui karakter ini Stevin John yang selalu ceria dan bersemangat, anak didorong untuk terbuka dalam hal-hal baru dan belajar dari benda-benda di sekitarnya.

Bagi-Bagi Rezeki Lewat Konten Youtube, Motivasi 2 Bocah Sragen Ini Bikin Trenyuh

National Geographic Kids

Kanal Youtube National Geographic Kids menyajikan berbagai konten pengetahuan terkait alam semesta, seperti pengetahuan flora, fauna dan juga alam. Konten video dikemas dalam bahasa Inggris, dengan penyampian ilmu yang menyenangkan, dan video perjalanan yang penuh warna.

Dalam channel Youtube ini ada banyak program yang mengeksplorasi keajaiban alam, dan mengulas tentang lingkungan sekitar. Channel ini juga mempunyai playlist yang sesuai dengan minat anak seperti playlist Dinousaur Video, yang ditujukan untuk anak-anak yang memiliki ketertarikan terhadap dinosaurus.

Disney Junior

Dalam Youtube Disney junior pastinya berisi tentang kartun-kartun Disney yang menarik untuk bayi hingga anak-anak. Seperti Mickey Mouse, Sofia the First, Fancy Nancy dan kartun Disney yang lain. Dalam channel ini banyak pilihan tokoh yang menarik, dan juga aman untuk balita dan anak anak.

Tidak hanya itu channel ini juga sering menampilkan siaran langsung kartun Disney, yang berisi cerita dan lagu lagu tema Disney yang menarik pula.

Ajudan Pribadi Mbah Minto Klaten Ternyata Youtuber, Siapa Dia?

Make Me Genius

Make Me Genius berisi penjelasan tentang sains tapi dikemas dengan animasi ynag menyenangkan. Dikemas dengan bahasa Inggris yang bisa menjadi sarana efektif belajar bahasa asing untuk anak.

Lewat channel ini, anak-anak bisa belajar tentang kejadian sehari-hari di sekitar mereka. Seperti suara hewan, bagaimana tubuh mencerna makanan, bagaimana lampu menyala, sampai belajar musim-musim di dunia.

Channel Lain

Selain lima channel Youtube tersebut masih banyak channel yang edukatif dan aman untuk ditonton bayi hingga anak-anak. Sebut saja Cocomelon, Badanamu, Nick Jr., Sesame Street, Super Simple, Animal Tricksters, Moonbug Kids, hingga Babybus.

Untuk penggunaan anak di bawah umur terutama balita perlu dibatasi waktu menatap layar. Selain itu, disarankan menggunakan aplikasi Youtube Kids untuk mencegah anak menonton konten yang tak sesuai dengan rentang umurnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom