Ilustrasi sakit kepala. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Apakah Anda sering tiba-tiba sakit kepala? Waspadalah! Sakit kepala bisa menggangu pekerjaan Anda. Sakit kepala ringan biasanya disebabkan oleh stres dan kelelahan saat bekerja.

Guna mengatasinya, kebanyakan orang memilih minum obat. Tapi, tahukah Anda jika ternyata sakit kepala bisa sembuh tanpa harus minum obat?

Obat memang dapat menghilangkan sakit kepala. Tapi, sakit kepala tidak selamanya harus disembuhkan dengan obat. Beberapa hal sederhana yang dikutip dari laman Magforwomen, Selasa (5/11/2019), berikut dapat membantu meredakan sakit kepala yang Anda derita:

Istirahat

Stres saat bekerja membuat saraf tegang. Ketegangan inilah yang biasanya menyebabkan ia mengalami sakit kepala. Dalam kondisi tersebut, disarankan untuk beristirahat sejenak. Caranya menutup mata selama beberapa menit atau mendengarkan musik favorit.

Ketika beristirahat, beberapa saraf dan otot yang tegang akan mengendur. Peregangan ini akan membuat seseorang merasa relaks, sehingga sakit kepala tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Mengemil

Sakit kepala juga bisa disebabkan oleh rendahnya kadar gula darah dalam tubuh. Mengemil makanan ringan dapat menstabilkan kadar gula darah. Tetapi yang perlu diingat, jangan sampai mengemil secara berlebihan. Bukannya menyehatkan, mengemil secara berlebihan justru memicu penimbunan lemak dalam tubuh.

Pijat

Rasa sakit di kepala bisa dihilangkan dengan sebuah pijatan lembut. Gunakan ujung jari untuk memijat daerah leher, pelipis dan bahu. Memijat kepala selama 15 menit dipercaya mampu meredakan nyeri.

Minum

Kekurangan cairan dalam tubuh juga bisa menyebabkan sakit kepala. Ketika seseorang mengalami dehidrasi, biasanya ia akan merasa lemas dan pusing. Untuk mengatasinya, cukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih sebanyak delapan gelas per hari.

Matikan komputer

Radiasi komputer yang digunakan bekerja menyebabkan pusing dan mata berkunang-kunang. Melihat monitor dalam waktu yang lama juga dapat membuat ketegangan pada urat leher. Hal yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah mematikan komputer tersebut.

Namun, jika  seseorang harus bekerja di depan komputer selama berjam-jam, maka cobalah melihat pemandangan di luar. Hal itu dapat menyegarkan tubuh dan pikirannya kembali.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten