SOLOPOS.COM - Ilustrasi orang stres. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Hidup di zaman modern ini memang tak mudah. Masalah yang kerap kali datang kerap kali menambah ruwet rutinitas sehari-hari, mulai dari kekhawatiran soal keuangan, pekerjaan, bahkan asmara.

Akibatnya, kebanyakan orang kerap merasa stres dan kewalahan sehingga membuat mereka tidak tahan dengan situasi yang ada. Karena itulah info hidup sehat pereda stres mungkin Anda butuhkan.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Gejala stres dapat dilihat dari perubahan tingkah laku seperti sering melamun, gelisah, bahkan tak jarang uring-uringan. Anda tentu pernah mengalaminya? Tak enak! Namun, mulai sekarang Anda tak perlu terlalu risau, ada setidaknya lima cara mudah untuk menghilangkan stres.

Berendam Air Hangat

Mandi dengan air hangat dipercaya mampu memberikan kenyamanan pada tubuh dengan melancarkan peredaran darah dan merelaksasi otot-otot yang tegang. Mandi dengan air hangat juga diyakini dapat membantu menghilangkan rasa lelah dan pegal-pegal setelah seharian bekerja. Mandi dengan air hangat juga dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat pembengkakan yang berhubungan dengan gejala rematik.

Suhu maksimal air yang disarankan adalah sekitar 77 derajat Celcius alias suam-suam kuku. Anda dapat menyesuaikan suhu air tersebut dengan mencelupkan jari anda ke air hangat di bak mandi. Jika suhu yang diinginkan sudah didapat, maka cukuplah berendam selama 15 menit.

Bersenandung

Bernyanyi atau bersenandung adalah aktivitas sederhana yang dilakukan untuk menghilangkan rasa bosan atau sekadar menghibur diri sendiri. Bernyanyi atau bersenandung bermanfaat pada kesehatan mental, seperti menghilangkan kesedihan dan membuat suasana hati seseorang menjadi lebih baik.

Beberapa penelitian di Inggris menunjukkan bahwa kombinasi suara dan getaran memiliki efek positif pada tekanan darah. Bernyanyi atau bersenandung mampu menghilangkan kesedihan dan membuat suasana hati seseorang menjadi lebih baik.

Para ilmuwan mengatakan bahwa selain memiliki nilai seni dan bermanfaat bagi kesehatan jiwa, bernyanyi juga memiliki manfaat bagi kesehatan fisik, yaitu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Pose duck face

Anda bisa melakukan eksperimen dengan wajah Anda seperti membuat ekspresi jelek atau malah tertawa sekeras-kerasnya. Ketika Anda mengalami stres, tidak ada salahnya melakukan selfie dengan ekspresi jelek seperti mengerutkan kening, mengerucutkan bibir, menjulurkan lidah, dan beragam ekspresi konyol lainnya. Anda bisa melakukannya sendiri atau bersama rekan kerja. Hal ini akan membuat suasana batin Anda menjadi gembira serta dapat merelaksasi otot wajah.

Menggambar

Saat Anda mengalami stres, cobalah membuat coretan di kertas. Hal ini dipercaya mampu mengurangi rasa stres dan membuat Anda lebih relaks. Gambarlah sesuatu yang menyegarkan seperti gambar bunga atau pemandangan yang dapat menenangkan batin Anda.

Renggangkan jemari Anda sebelum kembali berkutat dengan pekerjaan. Membuat coretan di kertas ini mampu melemaskan otot-otot saraf yang tegang. Setidaknya, dengan melakukan hal ini pikiran Anda akan kembali segar dan siap bekerja dengan semangat yang baru.

Memijat wajah

Memijat wajah dapat menjadi salah satu pilihan. Mulailah dengan mencubit alis di dekat hidung, lalu bergerak ke bagian dahi. Setelah itu, lanjutkan dengan memukulkan jari telunjuk dan jari manis ke alis bagian atas dengan gerakan memutar sampai ke bagian bawah mata.

Anda juga dapat melakukan pemijatan di belakang telinga menuruni sisi belakang leher dan berhenti di bahu bagian atas. Kemudian pijat bahu Anda untuk melepaskan ketegangan. Setelah merasa segar, lanjutkan kembali aktivitas Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya