SOLOPOS.COM - Makan sehat bisa meningkatkan imuniats tubuh. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Mengemil merupakan salah satu kebiasaan banyak orang di Indonesia yang sulit dihilangkan. Hasil penelitian terbaru menyebut kebanyakan orang di Indonesia mengonsumsi lebih dari tiga camilan per hari.

Hasil penelitian tersebut berjudul Snacking Habit Report: Indonesia yang diterbitkan pada 2017. Dalam hasil penelitian itu tertulis rata-rata satu dari tiga orang Indonesia mengonsumsi lebih dari tiga jenis camilan setiap hari.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca juga: 4 Langkah Mudah Lunturkan Lemak di Perut

Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan jika camilan ringan dan tidak mengenyangkan justru menambah asupan kalori per hari. Akan lebih baik jika Anda sering mengonsumsi camilan sehat yang tidak berisiko menimbulkan penyakit.

Nah, tahukah Anda camilan apa saja yang cocok dikonsumsi untuk menjaga berat badan dan tubuh tetap sehat? Simak ulasan yang dihimpun dari Bisnis.com, Minggu (6/10/2019), berikut:

Buah-buahan

Buah mengandung nutrisi yang sangat baik untuk tubuh seperti kalium, vitamin, serat dan asam folat. Buah juga rendah lemak, sodium, kalori, serta tidak mengandung kolesterol. Secara umum, mengonsumsi buah-buahan membantu menurunkan kolesterol dan resiko penyakit jantung, memperlancar pencernaan, dan membuat perut kenyang lebih lama.

Baca juga: Jus Seledri Ampuh Lunturkan Lemak?

Beberapa buah yang cocok dikonsumsi sebagai camilan antara lain, mangga, leci, peach, serta jenis beri-berian. Mangga,dapat membantu menjaga kesehatan rambut kulit, serta mata, sekaligus menurunkan tekanan darah. Leci membantu mencegah kanker, menjaga kesehatan jantung, melancarkan pencernaan, dan menguatkan tulang.

Sementara peach membantu meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menjaga kecantikan kulit. Ada pula raspberry yang dapat mencegah degenerasi makula mata, melawan kanker, memperkuat daya ingat, dan mengobati diabetes. Tak lupa pula, beri, buah yang memiliki sifat antibakteri, tinggi vitamin C, dan dapat meredakan sakit kepala.

Baca juga: Ini Penyebab Bobot Tubuh Tak Kunjung Turun

Kacang-kacangan

Kacang adalah camilan bergizi yang ideal dan bermanfaat mengurangi resiko penyakit jantung, mencegah kanker, depresi, dan penyakit kronis lainnya. Kacang memiliki kandungan lemak baik yang membuatnya mengenyangkan saat dikonsumsi. Bahkan, mengonsumsi kacang dapat membantu menurunkan berat badan.

Yoghurt

Yoghurt adalah salah satu produk olahan susu yang baik untuk kesehatan. Yoghurt terbuat dari susu segar mengandung protein dan kalsium yang baik untuk otot dan tulang. Sebagai produk hasil fermentasi susu, yoghurt mengandung bakteri baik yang membantu memperlancar pencernaan. Yoghurt juga mengandung vitamin B6, B12, kalium dan magnesium.

Keju

Keju yang terbuat dari susu sapi segar adalah sumber kalsium untuk tulang dan gigi. Kalsium pada keju juga membantu menyembuhkan luka dan menjaga tekanan darah. Selain itu, keju juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan otak. Sebagai produk hasil fermentasi, keju dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di perut yang berefek baik untuk kolesterol darah.

Dark chocolate

Dark chocolate, atau coklat dengan lebih dari 70% kakao adalah camilan yang baik untuk kesehatan. Dark chocolate kaya akan serat, zat besi, dan magnesium. Kandungan antioksidannya juga lebih tinggi dari makanan lainnya. Mengonsumsi dark chocolate juga melancarkan aliran dan menurunkan tekanan darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya