SOLOPOS.COM - Jemaah calon haji kloter pertama dikumpulkan di Gedung Jeddah Asrama Haji Donohudan, Boyolali, untuk mendapatkan pengarahan, Jumat (3/6/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, BOYOLALI — Lima calon haji atau calhaj yang berangkat dari Embarkasi Solo tahun ini tercatat berusia 20 tahun. Usia itu merupakan usia termuda calhaj yang berangkat dari Embarkasi Solo 2022.

Ke lima calhaj tersebut masing-masing atas nama Tiara Dwi Karomah, Dewi Ita Oktaviani, Ashif Sholahuddin Ischaq, Diah Paramita Mashudi, dan Inka Agusta Ardhiani. Semuanya berusia 20 tahun.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Mereka tersebar di kelompok terbang (kloter) yang berbeda-beda. Tiara dan Dewi Ita berangkat dengan kloter kedua dari Kabupaten Pati dan Jepara. Kemudian Ashif berangkat dengan kloter keempat dari Kabupaten Jepara dan Grobogan.

Diah berangkat bersama calhaj kloter 5 dari Kabupaten Grobogan. Sedangkan Inka bersangkat dengan kloter 10 dari Kabupaten Rembang dan Kendal.

Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo, Sarip Sahrul Samsudin, kepada wartawan, Jumat (10/6/2022), mengatakan kelima calhaj itu menjadi yang termuda sejauh ini. Tidak menutup kemungkinan masih akan ada calhaj dengan usia yang sama atau lebih muda pada kloter-kloter berikutnya.

Baca Juga: 9 Calhaj Embarkasi Solo Dipulangkan, Ini Penyebabnya

“Ini sebenarnya antrean tahun 2020, jadi mestinya mereka berangkat waktu usianya 18 tahun, sebagai batas minimal umur calhaj. Tidak menutup kemungkinan, nantinya akan ada calhaj dengan umur yang sama. Kami masih menerima total 43 kloter lagi, tapi sampai kloter ke-11 mereka berlima yang paling muda,” ujarnya.

Masa Tunggu Haji

Tidak diketahui pada usia berapa calhaj yang berangkat di umur 20 tahun ini mendaftar dulunya. Dengan masa tunggu haji reguler yang mencapai belasan hingga puluhan tahun, ada kemungkinan lima calhaj yang berangkat usia 20 tahun ini didaftarkan sejak masih bayi.

Seperti diketahui, umur maksimal calhaj yang berangkat pada tahun ini adalah 65 tahun. Sedangkan batas usia minimal tidak ditentukan. Batas usia maksimal 65 tahun itu sesuai ketentuan dari Pemerintah Arab Saudi karena adanya dampak dari pandemi Covid-19 dan cuaca panas di sana.

Baca Juga: Arab Saudi Panas Banget, Calhaj Embarkasi Solo Dibekali Spray Wajah

Hingga Jumat (10/6/2022), total sudah 3.952 calhaj Embarkasi Solo yang datang di Asrama Haji Donohudan. Sedangkan yang sudah sampai di Arab Saudi tercatat 3.218 calhaj.

Total calhaj yang akan diberangkatkan dari Solo sebanyak 15.305 orang. Perinciannya, kuota dari Jawa Tengah sebanyak 13.776 calhaj, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 1.427 calhaj, plus 172 petugas kloter jamaah haji. Mereka berangkat dengan 39 kloter dari Jawa Tengah dan 4 kloter dari DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya