Ilustrasi atlet wushu Indonesia bertanding di kelas taolu. (Antara-Wahyu Putro A.)

Solopos.com, SOLO - Sebanyak lima orang atlet-open-international-solo-kirim-27-atlet-wushu"> wushu terpilih dalam seleksi prapelatihan daerah (prapelatda) Provinsi Jawa Tengah. Mereka akan mewakili Kota Solo dalam Kontingen Wushu Jawa Tengah untuk bertarung pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2019 di Papua.

Lima atlet tersebut adalah Alexandra Calista, Sherly Velika Wuryaningtyas, Fayla Maharani Ningtyas, Yulia Widya Novita, dan Linggar Kusumo. Mereka adalah atlet -lagi-atlet-wushu-junior-raih-medali-emas-di-brasil">Wushu aliran Taolu.

Fayla Maharani Ningtyas, Yulia Widya Novita, dan Linggar Kusumo adalah atlet wushu yang selama ini digembleng di Sasana Wushu Persatuan Masyarakat Surakarta (PMS). Fayla dan Yulia telah mempersembahkan medali emas bagi Kota Solo pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2018 di nomor Duilian Putri. Fayla juga mengemas medali emas untuk kategori NQ-ND Putri.

Pada Porprov 2018, Yulia meraih tambahan dua medali perunggu pada kategori CQ Putri dan DS-GS Putri. Sementara Linggar meraih medali perak pada kategori NQ-NG Putra.

Sementara itu, Alexandra Calista dan Sherly Velika Wuryaningtyas adalah atlet didikan Sasana Purwa Aldaka. Alexandra yang merupakan siwa SMA Pangudi Luhur St. Yoseph Solo tersebut juga menyumbang satu emas dalam Porprov 2018 dalam kategori TQ-TJJ Putri. Selain atlet, terdapat dua pelatih yang terpilih dalam seleksi prapelatda. Mereka adalah Santoso Harjanto (Sasana Purwa Aldaka) dan Marten Pratama (PMS).

Sekretaris Pengurus Kota (Pengkot) Wushu Solo, Hananto, mengucapkan selamat dan rasa bangga kepada para atlet yang terpilih. Ia berharap mereka dapat menunjukkan potensi terbaik sehingga kelak bisa mengharumkan nama Jawa Tengah dan Kota Solo dalam ajang PON 2019 di Papua.

Menurutnya, atlet yang mendapat tiket Pelatda Jateng kebanyakan adalah kontingen Wushu Kota Solo yang maju dalam Porprov lalu. Kala itu Solo mengirimkan 11 atlet wushu taolu dan mengemas total tiga emas, dua perak, dan tiga perunggu. Solo menjadi peringkat ketiga Porprov 2018 cabang wushu.

“Semoga mereka bisa meraih sukses,” tuturnya kepada Solopos.com, Sabtu (15/12/2018). 

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten