5 Alasan Mitsubishi Xpander Paling Cocok untuk Pengguna di Indonesia
Mitsubishi Xpander. (Istimewa/doc. Mitsubishi Motors Indonesia)

Solopos.com, SOLO – Sejak diperkenalkan 17 Juli 2017, Mitsubishi Xpander menjadi salah salah satu mobil MPV terlaris di Indonesia. Kenyamanan suspensi dan kemampuannya melibas segala jenis medan jalanan menjadi poin penting.

Mitsubishi Xpander sudah mencuri perhatian sejak kemunculannya di Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2017. Sejumlah reviewer otomotif top di Indonesia mengulas positif mobil yang masuk dalam segmen low MPV ini.

Salah satu vlogger otomotif top Indonesia, Fitra Eri, bahkan menjadi salah satu pembeli pertama Xpander. Fitra Eri dalam salah satu vlognya menyebut Xpander menjadi yang paling unggul di kelasnya terutama soal kenyamanan suspensi dan akomodasinya yang terbilang baik.

Youtuber otomotif top lain, Om Mobi, juga melakukan hal serupa. Pemilik channel Motomobi ini menjadi salah satu penyuka mobil yang tergoda dengan Mitsubishi Xpander.

Di tahun yang sama saat peluncurannya, Xpander dinobatkan sebagai mobil terbaik pilihan Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot)

Ulasan positif Xpander tentu bukan tanpa alasan. Sebagai mobil keluarga Xpander punya banyak keunggulan yang menempatkannya sebagai salah satu mobil terbaik untuk pengguna di Indonesia.

Berikut lima alasan yang membuat Mitsubishi Xpander cocok untuk pengguna di Indonesia;

Suspensi Xpander terkenal paling nyaman di kelasnya. (Istimewa/doc. Mitsubishi Motors Indonesia)
Suspensi Xpander terkenal paling nyaman di kelasnya. (Istimewa/doc. Mitsubishi Motors Indonesia)

Suspensi yang Nyaman dan Stabil

Salah satu hal yang membuat Xpander unggul jauh dibanding mobil lain adalah suspensinya. Suspensi Mitsubishi Xpander diakui menjadi yang terbaik di kelasnya. Bahkan, Ridwan Hanif di channel otomotif Autonetmagz menyebut kenyamanan suspensi membuat Xpander layak disandingkan dengan MPV kelas atas.

Karakter suspensi Xpander terbilang lembut. Bantingannya halus dan terasa nyaman menerjang jalanan bergelombang dan rusak. Karakter suspensi ini yang membuatnya cocok dengan jalanan di Indonesia yang cenderung sulit ditebak.

Meski cenderung empuk, Xpander terbilang stabil. Inilah yang menjadi keunggulan telak Xpander dibanding sejumlah kompetitor.

Mitsubishi telah mengandalkan tipe suspensi berupa Mac Pherson Strut Coil Spring pada bagian depan dan Torsion Beam pada bagian belakang. Keduanya sanggup meredam setiap getaran ketika melewati jalanan berkontur tak rata dan sanggup menjaga tingkat keseimbangan secara maksimal.

Ground Clearance Tinggi

Sebagai low MPV, Mitsubishi Xpander memiliki ground clearance yang terbilang tinggi. Dengan jarak terendah ke tanah setinggi 200 mm, Xpander tentu saja dinilai sudah cukup ideal untuk melibas kebanyakan jenis jalanan di Indonesia.

Uniknya, meski dirancang ground clearance tinggi Xpander stabil dan minim body roll. Dengan tanpa mengkompensasi kenyamanan suspensi, Xpander nyatanya tetap nyaman dipakai menikung dan sedikit bermanuver.

Seperti diketahui, sejumlah low MPV yang dipasarkan di Indonesia kembanyakan menawarkan karakter suspensi yang empuk. Namun tak jarang, sejumlah low MPV cenderung terasa limbung. Sebaliknya, sejumlah MPV menawarkan rasa berkendara yang stabil, namun dikompensasi degan suspensi yang agak keras.

Lantaran bisa mengkombinasi keduanya, Mitsubishi Xpander digaransi menjadi low MPV ternyaman di kelasnya.

Akomodasi: Ruang Kabin yang Lapang

 MPV dengan berkapasitas 7penumpang ini memiliki ruang kabin yang terbilang lebih luas dibandingkan dengan kompetitor di kelasnya. Tak cuma itu, tata ruang yang dihadirkan juga terbilang cerdas.

Xpander terbilang nyaman, bahkan hingga kursi baris ketiga. Ruang kaki untuk kursi baris kedua lega dengan menyisakan ruang kaki yang cukup untuk penumpang baris ketiga.

Dengan wheelbase277,5 cm, Xpander masih menyisakan akomodasi barang yang terasa mencukupi. Bagasinya bisa memuat sejumlah koper besar yang biasa dibawa untuk perjalanan jauh. Belum lagu ruang penyimpanan kecil dari kabin depan hingga belakang.

Ada pula cup holder yang mampu menampung hingga 16 gelas sebagaimana dalam pengujian di channel Motomobi.

Interior Mitsubishi Xpander tipe Ultimate. (Istimewa/doc. Mitsubishi Motors Indonesia)
Interior Mitsubishi Xpander tipe Ultimate. (Istimewa/doc. Mitsubishi Motors Indonesia)

Fitur Keamanan Lengkap

Mitsubishi Xpander juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang terbilang lengkap. Ada fitur Rise Body (Reinforced Impact Safety Evolution) yang membuat bodi lebih aman dan kuat. Kemudian, rem sistem ABS (Anti-Lock Breaking System) dan Active Stability Control (ASC) yang berperan meminimalisasi potensi tergelincir ketika dikendarai di jalan yang licin.

Selain itu, double SRS Airbag yang bakal terbuka secara otomatis dan melindungi pengendara ketika terjadi kecelakaan atau benturan dengan kendaraan lain atau benda keras. Fitur berikutnya yaitu Hill Start Assist yang mampu menahan mobil tidak mundur saat berhenti di jalan atau medan menanjak.

Untuk model terbaru, Xpander bahkan memiliki sejumlah fitur yang terbilang jarang ada di kelasnya seperti power window timer, auto door relock, headlight auto off function.

Desain Futuristik

Desain bodi yang outstanding menjadi salah satu poin utama Mitsubishi Xpander dilirik. Xpander mengusung desain yang jauh menatap masa depan. Bahasa desain Dynamic Shield membuat Xpander terasa tak ketinggalan zaman untuk dipakai hingga 10 tahun mendatang.

Konsep Dynamic Shield Xpander menggabungkan gaya dinamis dengan ekspresi visual dari perlindungan penumpang dan pejalan kaki. Desain ini juga dipakaimobil Mitsubishi lain seperti Outlander PHEV, Pajero Sport dan Eclipse Cross, dengan nuansa yang gaya berbeda.

Mitsubishi Xpander menggabungkan desain MPV dengan karakter SUV yang garang. Ada nuansa ketangguhan dan karakteristik lembut di mobil ini.

Posisi lampu LED berada di atas yang sejajar rata dengan bagian kap mesin. Untuk lampu utamanya terletak rendah di level bumper bagian depan dengan desain skid plate empat lubang


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho