5.962 UMKM Karanganyar Daftar Bantuan Sosial Tahap 6, Tahap 7 Dibuka Pada Tanggal Ini
Sejumlah warga di Kabupaten Karanganyar mengajukan permohonan program bantuan modal untuk pelaku usaha mikro dan ultra mikro ke kantor Disdagnakerkop dan UKM Kabupaten Karanganyar, Rabu (19/8/2020).(Solopos.com-Sri Sumi Handayani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sebanyak 5.962 pelaku usaha mikro dan ultra mikro atau UMKM di Karanganyar mendaftar bantuan sosial pada tahap ke-6 yang sudah berakhir Kamis (15/10/2020).

Sementara, UMKM lainnya yang ingin mendapatkan bantuan serupa diberi kesempatan mendaftar pada tahap ke-7. Pendaftaran akan otomatis tertolak oleh sistem jika UMKM Karanganyar mendaftar menggunakan data kependudukan yang sudah diunggah orang lain sebelumnya.

Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagnakerkop dan UKM) Kabupaten Karanganyar membuka pendaftaran bantuan sosial bagi UMKM tahap 6 pada Senin-Kamis (12-15/10/2020).

Unggah Kisah Bocah Aceh Dibunuh Saat Cegah Ibu Diperkosa, UAS Sebut Rangga Mati Syahid

Pada tahap tersebut, terdapat 5.962 pelaku usaha mikro dan ultra mikro mendaftar. Kepala Bidang (Kabid) Koperasi dan UKM Disdagnakerkop dan UKM Kabupaten Karanganyar, Adolfus Joce Bau, menyampaikan pendaftaran bantuan UMKM di Karanganyar pada tahap ke-6 ditutup pada Kamis pukul 12.00 WIB.

“Data yang sudah mendaftar dan kami verifikasi ada segitu [5.962 pelaku usaha]. Kami sudah melaporkan ke Provinsi Jawa Tengah dan Kementerian Koperasi dan UKM. Itu sudah yang terverifikasi ya,” tutur Oce, sapaan akrabnya saat dihubungi Solopos.com, Jumat (16/10/2020).

Oce menyampaikan pada pendaftaran bantuan UMKM di Karanganyar tahap ke-6 ini relatif lebih sedikit kendala dibandingkan tahap satu hingga lima. Kendala dimaksud seperti data kependudukan ganda, pendaftar tidak mengisi form pada link yang disediakan, dan lain-lain.

Hampir Kelar, Edutorium UMS Solo Dilengkapi Tribune VVIP Hingga 4 Lift

Identitas Ganda

“Identitas ganda ada beberapa. Misalnya, ‘kami sudah daftar di kloter satu sampai lima itu bagaimana?’ Otomatis terhapus. Kalau pakai data kependudukan [KK] yang sudah dipakai orang lain otomatis terhapus. Di kloter ini sudah berkurang tapi masih ada beberapa,” ungkap dia.

Oce menyampaikan calon pendaftar dapat mengakses formulir pendaftaran pada link https://bit.ly/pendataanukmkaranganyar. Link pendaftaran bantuan sosial untuk UMKM di Karanganyar tersebut akan kembali dibuka pada Minggu (18/10/2020) untuk tahap ke-7.

FP UNS Ajak Stakeholder Bersinergi Wujudkan Ketahanan Pangan Keluarga

“Pendaftaran online pada Minggu siang sudah kami buka. Tetapi pemberkasan di kantor Disdagnakerkop dan UKM pada Senin [19/10/2020]. Kami buka kembali tahap tujuh pada Senin. Silakan datang ke kantor mulai jam 06.00 WIB tidak apa-apa. Sudah dibuka, silakan diletakkan di meja,” ujar dia.

Oce kembali mengingatkan kepada masyarakat yang hendak mengumpulkan berkas ke kantor Disdagnakerkop dan UKM. Berkas pendaftaran bantuan sosial untuk UMKM di Karanganyar tersebut boleh dikumpulkan orang lain.

“Jadi tidak harus yang bersangkutan datang sendiri. Silakan dititipkan ke orang lain. Kalau pendaftaran kan buka 24 jam tetapi kan pemberkasan sesuai jam kerja kantor,” ungkapnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom