SOLOPOS.COM - Ilustrasi. (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Voucher pangan dibagikan di Kota Madiun.

Madiunpos.com, MADIUN – Perum Bulog Sub Divre IV Madiun siap membagikan voucher atau kartu pangan beras rakyat sejahtera (rastra) sebagai pengganti program beras untuk rakyat miskin (raskin) dari pemerintah pusat di daerah setempat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wakil Kepala Perum Bulog Sub Divre IV Madiun Edy Sarjono mengatakan pihaknya bersama BNI sedang mempersiapkan voucher atau kartu pangan tersebut. “Dalam 10 hari ke depan atau minggu ketiga bulan Januari 2017, voucher akan dibagikan ke keluarga pemerima manfaat (KPM) untuk digunakan,” ujar Edy kepada wartawan, Kamis (12/1/2017).

Dia mengatakan dari tiga daerah yang menjadi wilayah kerjanya yakni Kota Madiun, Kabupaten Madiun, dan Kabupaten Ngawi, untuk sementara hanya Kota Madiun yang sudah siap menerapkan penggunaan voucher itu.

“Hal itu karena Kota Madiun dipandang telah memiliki kelengkapan infrastruktur perbankan yang memadai untuk menunjang pelaksanaan program tersebut yang membutuhkan koneksi internet dengan sinyal bagus,” ungkap Edy Sarjono.

Sedangkan wilayah Kabupaten Madiun dan Ngawi, beber dia, untuk sementara tetap menerapkan pembagian rastra dengan sistem lama. Namun, sesuai target pemerintah, tahun 2018 semua daerah sudah menerapkan sistem voucher pangan tersebut.

Edy menjelaskan jumlah KPM di Kota Madiun yang akan menerima voucher tersebut mencapai 5.530 KPM. Masing-masing KPM nantinya akan menerima voucher pangan yang berisi saldo Rp110.000 setiap bulannya.

Saldo szebesar Rp110.000 tersebut hanya dapat digunakan untuk berbelanja beras rakyat sejahtera (rastra) sebanyak 10 kilogram dan dua kilogram gula pasir. Selain kedua komoditas tersebut tidak dapat digunakan.

“Untuk belanjanya dapat dilakukan di rumah pangan kita milik Bulog Madiun dan agen BNI yang telah ditunjuk,” kata dia.

Edy menambahkan jika dari jatah Rp110.000 tersebut masih sisa, maka secara otomatis akan terjadi akumulasi dengan jatah saldo pada bulan berikutnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya