Tutup Iklan

49 SMK di Solo Siap Gelar UN Berbasis Komputer

Sebanyak 49 sekolah menengah kejuruan (SMK) negeri dan swasta di Solo siap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019.

49 SMK di Solo Siap Gelar UN Berbasis Komputer

SOLOPOS.COM - Suasana Ujian Nasional berbasis komputer (UNBK). (M. Ferri Setiawan )

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 49 sekolah menengah kejuruan (SMK) negeri dan swasta di Solo siap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019.

Sekretaris Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Solo, Suratno, mengatakan berdasarkan hasil rapat koordinasi, para kepala SMK negeri dan swasta sepakat menggelar UNBK 2019.

“Semua SMK negeri dan swasta siap melaksanakan UNBK,” ujarnya kepada reporter Solopos.com, Tamara Geraldine, melalui sambungan telepon, Senin (21/1).

Pada tahun ini SMK negeri maupun swasta bisa melaksanakan UNBK secara mandiri sehingga tidak ada yang menumpang di sekolah lain. ”Tahun ini pelaksanaan UNBK jenjang SMK di wilayah Kota Solo tidak ada yang menumpang,” ujarnya.

Kepala SMKN 4 Solo, Suyono, menyiapkan 130 unit komputer untuk pelaksanaan UNBK plus beberapa komputer sebagai cadangan apabila ada gangguan. Tiga unit komputer ditempatkan di empat ruangan, dua di antaranya di ruang laboratorium bahasa yang akan digunakan 395 siswa kelas XII yang mengikuti UNBK.

“Pelaksanaan UNBK nantinya tidak dilakukan secara serentak, tapi dibagi tiga sesi. UNBK digelar dari pagi sampai siang. Masing-masing ruangan ujian diisi 32 siswa,” ujar dia.

Persiapan UNBK 2019 lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya yang sempat mengalami kendala pengadaan perangkat komputer. Mengenai kesiapan para siswa dalam menghadapi UNBK pada 2019, menurut Suyono, tidak ada hambatan.

“Tidak ada hambatan karena sudah dilatih menggunakan komputer untuk ujian semester. Insyallah para siswa sudah siap karena biasa menggunakan komputer,” ujar dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Tenda Darurat di RSUD Tugurejo Diisi Pasien Berpenyakit Penyerta

RSUD Tugurejo Semarang terpaksa mendirikan tenda darurat untuk merawat pasien Covid-19 yang membeludak sehingga tak tertampung.

Sering Bersin Ciri Penerima Vaksin Kena Covid-19

Seseorang yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 masih harus tetap menghindari virus corona pemicu Covid-19.

Solo Bersiap Terapkan Jam Malam

Meningkatnya penularan virus corona di wilayah eks Karesidenan Surakarta membuat Pemkot Solo berencana menerapkan jam malam Covid-19.

Dompet Cekak, Mungkinkah Jakarta Disuntik Dana Sri Mulyani?

Dompet Jakarta terlampau cekak untuk menggerakkan iklim membangun sehingga harus mengharap disuntik dana dari Menkeu Sri Mulyani.

Korsel Gencarkan Vaksinasi, Jumlah Pasien Kritis Covid-19 Menurun

Korea Selatan atau Korsel menyatakan efek vaksinasi virus corona pencegah Covid-19 mulai terlihat pada penurunan jumlah pasien kritis.

Kendaraan Listrik Diramalkan Capai Puncak Penjualan 2033

Kendaraan listrik global diramalkan mencapai puncak penjualan tahun 2033 yang berarti lima tahun lebih awal daripada perkiraan sebelumnya.

Malaysia Targetkan Vaksinasi 60% Penduduk

Pemerintah Malaysia menargetkan dapat melakukan vaksinasi terhadap 60% penduduk dengan deadline akhir September 2021.

Panen Hadiah Simpedes BRI Klaten Diundi, Ini Nasabah Yang Beruntung Dapat Honda Mobilio

Bank BRI Cabang Klaten menggelar penarikan undian panen hadiah Simpedes periode II dengan hadiah utama satu unit mobil Honda Mobilio.

Kronologi Munculnya Klaster Takziah Covid-19 di Kabupaten Pasuruan

Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan menemukan klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Ada 21 orang positif terpapar Covid-19.

Begini Perketatan Aktivitas Masyarakat Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melakukan perketatan aktivitas masyarakat selama masa PPKM Skala Mikro.

Sinyal Ferdinand Sinaga Merapat ke Persis Solo

Seorang sumber Solopos.com menyebut peluang Ferdinand merapat ke Persis mencapai 90%.