Kategori: Karanganyar

48 Kontak Erat Kades Tlobo Jatiyoso Karanganyar Negatif Covid-19


Solopos.com/Sri Sumi Handayani

Solopos.com, KARANGANYAR – Hasil tes swab terhadap 48 orang yang menjadi kontak erat Kepala Desa Tlobo, Heri Waluyo, dinyatakan negatif Covid-19.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar, Purwati, menyampaikan data tersebut saat berbincang dengan Solopos.com melalui sambungan telepon, Senin (9/11/2020).

Purwati menyampaikan bahwa 48 orang tersebut telah menjalani tes swab Covid-19 di Rumah Swab Karanganyar atau UPT Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar pada Kamis (5/11/2020).

Kisah Mbah Tumiyem Pemilik Warung Bothok Mercon Legend di Sragen

Sebanyak 48 orang itu keluarga, perangkat Desa Tlobo, sejumlah kepala desa di Kecamatan Jatiyoso, warga, anggota TNI, dan pejabat di lingkungan Kecamatan Jatiyoso.

"Hasil tes swab terhadap kontak erat di Desa Tlobo itu 48 orang negatif semua," kata Purwati.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Desa Tlobo, Heri Waluyo, meninggal pada Selasa (3/11/2020) setelah menjalani perawatan untuk penyakit paru-paru, diabetes, dan jantung. Heri dimakamkan menggunakan protokol Covid-19 pada Rabu (4/11/2020). Heri dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 pada Sabtu (7/11/2020).

Warga Pekalongan 8 Tahun Pelihara Buaya Muara di Rumah, Kok Bisa?

Solopos.com mencoba mengonfirmasi perkembangan hasil tes swab Covid-19 kepada Camat Jatiyoso. Salah satunya berkaitan dengan pelayanan di Balai Desa Tlobo. Beberapa waktu lalu pihak kecamatan menginstruksikan pelayanan di desa tetap dibuka tetapi perangkat desa masuk terjadwal.

Sayangnya, Camat Jatiyoso, Adzani Priyanggodo, mengaku belum menerima pemberitahuan resmi perihal hasil tes swab Covid-19.

"Saya malah belum tahu hasil tes swab. Ya selama menunggu hasil tes swab ini kami berlakukan sistem piket untuk pelayanan di Balai Desa Tlobo. Sebagian perangkat desa bekerja di rumah, sebagian lagi piket," ujar Adzani saat dihubungi Solopos.com, Selasa (10/11/2020).

3 Kantor Kepala Desa di Sukoharjo Lockdown

Hal senada disampaikan Kepala Puskesmas Jatiyoso, Widodo Setyo Budi. Hingga Selasa pukul 12.00 WIB, Widodo mengaku belum menerima surat keterangan yang dikeluarkan Dinkes Karanganyar perihal hasil tes swab Covid-19.

"Kami menunggu surat keterangan yang dikeluarkan Dinkes Karanganyar. Tanpa surat tersebut saya tidak bisa memberikan keterangan," tutur dia saat berbincang dengan Solopos.com melalui pesan aplikasi Whatsapp.

Ini Daftar 9 Dusun di Klaten yang Masuk Zona Bahaya Jika Terjadi Erupsi Merapi

Dinkes Karanganyar juga menyampaikan hasil tes swab terhadap 11 orang kontak erat salah satu instansi di lingkungan Pemkab Karanganyar dinyatakan negatif Covid-19. Sebanyak 11 kontak erat itu terdiri dari empat orang rekan kerja pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dan tujuh orang yang kali terakhir mengikuti rapat bersama.

Dinkes juga mengabarkan hasil tes swab Covid-19 terhadap enam orang kontak erat salah satu warung makan di Kabupaten Karanganyar.

"Yang ini [tempat makan] juga negatif. Sudah selesai ya berarti. Ini termasuk yang kantor di Jalan Lawu itu 148 orang kontak erat negatif semua. Tinggal menyelesaikan beberapa orang yang menjalani isolasi mandiri," tandasnya.

Share
Dipublikasikan oleh
Chelin Indra Sushmita