SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pendidikan SMA/SMK (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Sedikitnya 47 orang tua/wali murid SMAN 1 Sukoharjo keberatan anak mereka mengikuti uji coba pembelajaran tatap muka atau PTM tahap I di sekolah dengan beragam alasan.

Sekolah diwajibkan memfasilitasi kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) bagi siswa yang orang tuanya tak memberi izin mengikuti PTM di sekolah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantauan Solopos.com di SMAN 1 Sukoharjo, Senin (5/4/2021), para siswa mulai mengikuti PTM di ruang kelas dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Mereka diperiksa suhu tubuh menggunakan thermogun oleh petugas di pintu gerbang.

Baca Juga: Terkait Kasus Korupsi Asabri, Hotel Brothers Solo Baru Sukoharjo Disita Kejakgung

Sebelum masuk ruang kelas untuk mengikuti PTM, setiap siswa SMAN 1 Sukoharjo diwajibkan mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir. Beberapa bangku di sejumlah kelas terlihat kosong.

Anggota Palang Merah Remaja (PMR) sekolah disiagakan di sudut sekolah untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan di ruang kelas. “Kami sudah mengundang orang tua/wali murid untuk meminta persetujuan mereka pada pekan lalu,” kata Kepala SMAN 1 Sukoharjo, Sri Soewarsih, saat berbincang dengan Solopos.com, Senin.

Dari 425 siswa, kata Sri, hanya 325 siswa yang mendapat persetujuan orang tua/wali murid. Sementara siswa yang orang tuanya keberatan PTM sebanyak 47 orang. Sisanya ragu-ragu apakah memberi izin atau tidak.

Baca Juga: Begini Tiga Kriteria Calon Sekda Sukoharjo Menurut Bupati Etik

Sri tak mempermasalahkan orang tua/wali murid SMAN 1 Sukoharjo yang keberatan anak mereka mengikuti uji coba PTM di sekolah. Sekolah tetap memfasilitasi para siswa yang melakukan PJJ secara dalam jaringan (daring) bagi mereka.

Evaluasi PTM

Para guru memberikan materi pelajaran dan tugas sekolah setiap hari. Secara umum, lanjut Sri, pelaksanaan uji coba PTM di sekolah dengan protokol kesehatan berjalan lancar.

“Kami berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo sebelum uji coba PTM di sekolah. Siswa yang mendapat persetujuan orang tua/wali mengikuti skrining kesehatan sebelum mengikuti uji coba PTM di sekolah,” ujarnya.

Baca Juga: Baru 16%, Vaksinasi Covid-19 Warga Lansia Sukoharjo Dikebut

Sri bakal mengevaluasi pelaksanaan uji coba PTM tahap I SMAN 1 Sukoharjo yang berakhir pada 16 April. Apabila selama uji coba PTM tahap I berjalan mulus, jumlah siswa di kelas bakal ditambah.

Jumlah siswa setiap kelas saat pelaksanaan uji coba PTM tahap I maksimal 16 orang. Selama lebih dari setahun, kegiatan belajar mengajar (KBM) menerapkan metode PJJ akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Siap-Siap, Pemudik Lebaran Masuk ke Sukoharjo Bakal Dikarantina di Donohudan

“Para siswa cukup antusias dan senang karena bertemu lagi dengan teman-teman. Mereka terlihat semangat mengikuti uji coba PTM pada hari pertama,” paparnya.

Seorang siswa Kelas X SMAN 1 Sukoharjo, Imam, mengatakan antusias mengikuti uji coba PTM. Ia tak mempermasalahkan harus memakai masker dan menjalankan protokol kesehatan lainnya di area sekolah. Bagi siswa, bertemu dengan teman sekelas menjadi penyuntik semangat belajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya