SOLOPOS.COM - Pekerja sedang merampungkan pembangunan kolam pembesaran lobster di Pantai Sepanjang, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Rabu (20/11/2013).(JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) memberikan stimulan Rp100 juta kepada pemuda di Gunungkidul untuk melestarikan lobster.

Tim Pelaksana kegiatan penciptaan wirausaha baru melalui pemberdayaan tenaga kerja mandiri Supriyono menuturkan, melalui suntikan dana tersebut pelestarian lobster bisa terdukung. Selain itu diharapkan lapangan kerja untuk pemuda bisa tersedia melalui usaha di bidang pembesaran lobster.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Dana itu nanti dialokasikan untuk membangun kolam di Pantai Sepanjang, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari. Dana usaha tersebut juga untuk penyediaan peralatan dan pembelian bibit,” papar dia kepada Harian Jogja di Wonosari, Rabu (20/11/2013).

Ia menambahkan lobster memiliki prospek yang bagus. Lobster dinilai memiliki harga yang tinggi. Melalui usaha tersebut kesejahteraan pemuda diharapkan bisa tercapai.

Pemuda pelopor di bidang pelestarian lobster Nur Wahyudin beserta Kelompok Pemuda Gureng menjadi pelaksana kegiatan tersebut. Pembangunan empat kolam lobster pun sudah dimulai.

“Kami membangun kolam untuk pembesaran lobster. Modelnya nanti kami akan membeli lobster tangkapan nelayan yang beratnya kurang dari satu ons. Lobster-lobster tersebut akan kami besarkan terlebih dahulu sebelum kami jual kembali,” papar dia ketika ditemui terpisah di Pantai Sepanjang.

Lobster akan dibesarkan hingga mencapai berat tiga ons atau lebih. Semakin besar lobster maka semakin tinggi harga jual. Nur menambahkan, melalui kegiatan in diharapkan bisa membuka peluang usaha untuk pemuda.

“Lobster akan kami kumpulkan sesuai dengan jenisnya di empat kolam tersebut. Perawatan lobster itu rumit. Harus diawasi 24 jam. Harus memperhatikan tiga unsur penting yakni suhu, kadar garam dan sirkulasi air,” papar dia.

Ketiga unsur tersebut harus benar-benar diperhatikan agar lobster tidak stres. Lobster tidak boleh mengalami stres karena bisa mati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya