SOLOPOS.COM - Rafael Nadal (kanan) memberi ucapan selamat kepada Novak Djokovic saat menerima trofi kejuaraan ATP World Tour Finals di O2 Arena London. (JIBI/Reuters/Toby Melville)

Solopos.com, LONDON – Di akhir musim turnamen tennis dunia, Rafael Nadal memang kalah dari Novak Djokovic. Namun bagi petenis asal Spanyol tahun 2013 adalah tahun yang sangat special dan fantastis.

“Apa yang terjadi tahun ini sangat spesial. Emosi dari musim ini setelah tahun yang berat bagi saya ini semua sangat fantastis,” kata Nadal di situs resmi turnamen ATP World Tour Finals seperti dikutip detiksport.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Satu-satunya hal yang bisa saya sampaikan adalah ucapatan kata selamat untuk lawanku,” lanjut petenis 27 tahun itu.

“Saya juga mengucapkan selamat untuk timku karena semua prestasi, kesuksesan yang saya dapat tahun ini, tanpa keluargaku, timku, tidak mungkin bisa aku dapat; semua perasaan spesial, momen spesial,” katanya.

Tahun 2013 menjadi tahun comeback Nadal usai cedera panjang. Sepanjang tahun 2012 lalu, petenis asal Spanyol itu harus absen karena mengalami cedera pada lututnya.

Nadal pun tak berpartisipasi di beberapa turnamen penting seperti Olimpiade 2012, Amerika Serikat Terbuka 2012, dan Australia Terbuka 2013. Rangkingnya melorot sampai peringkat lima dunia.

Setelah tujuh bulan absen, Nadal kembali bermain di bulan Februari dengan ambil bagian di turnamen Chile Terbuka. Meski tembus sampai babak final, Nadal cuma jadi runner-up setelah kalah dari Horacio Zeballos.

Namun Nadal bangkit dan memenangi tiga turnamen berikutnya. Dia jadi juara di Brazil Terbuka, Abierto Mexicano Telcel, dan Indian Wells.

Secara keseluruhan, Nadal memenangi 10 gelar di tahun 2013. Dua di antaranya adalah gelar grand slam yang didapat di Prancis Terbuka dan Amerika Serikat Terbuka.

Di tahun ini, Nadal juga kembali ke peringkat satu dunia setelah lolos ke babak final China Terbuka bulan Oktober lalu. Kemenangan atas Stanislas Wawrinka di pertandingan kedua ATP World Tour Finals lalu kemudian memastikan Nadal mengakhiri tahun 2013 sebagai petenis rangking satu dunia.

Namun Nadal gagal melengkapinya dengan gelar di ATP World Tour Finals. Bertemu dengan Djokovic di babak final, petenis kidal itu dipaksa menyerah dua set langsung, 3-6, 4-6.

Kendati demikian, hal itu tak membuat Nadal kecewa dengan penampilannya di sepanjang tahun 2013 ini. Baginya, tahun ini tetap spesial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya