SOLOPOS.COM - KIrab Malam 1 Sura (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO–Menjelang malam 1 Sura,  situasi di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat mulai ramai. Dekorasi janur sudah terpasang di sekitar Gapura Gladak dan di depan Kori Kamandungan. Aktivitas di dalam keraton pun ramai dengan persiapan kirab.

Juru bicara Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, GPH Puger, saat ditemui wartawan, mengungkapkan persiapan kirab sudah 100%. Ia mengaku tinggal menunggu perintah PB XIII. Selama ini birokrasi pemerintahan di internal keraton sudah jalan dengan mengirim surat permohonan perintah raja Jawa itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Namun, hingga Senin sore, GPH Puger menegaskan belum ada perintah tertulis langsung dari PB XIII.
“Kendati demikian, secara adat kirab itu tetap jalan karena sudah menjadi agenda pemerintah kota. Kirab ini kan program nasional, sudah begitu kok ditiadakan. Dalam surat mediasi beberapa waktu lalu kan [penyelesaian konflik keraton] mestinya dilakukan secara bertahap. Jangan emosi! Jangan mengatasi masalah justru dengan memunculkan masalah baru!,” tuturnya.

GPH Puger menambahkan kirab itu dianggap sebagai budaya Jawa, bukan budaya PB XIII saja. “Biarkan warga yang berteriak. Sampai sekarang saya masih menunggu dawuh dalem Sinuhun. Sampai kapan, ya saya tidak tahu. Saya lebih baik termenung dulu untuk berfikir jernih,” pungkasnya.

Sebelumnya, Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Panembahan Agung Tedjowulan, mengeluarkan surat pemberitahuan yang menerangkan kirab malam 1 Sura yang bakal digelar Senin (4/11/2013) pada pukul 24.00 WIB dibatalkan. Surat yang ditandatangani Panembahan Agung Tedjowulan tersebut didasarkan pada perintah (dawuh dalem) SISKS Pakoe Boewono XIII.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya