SOLOPOS.COM - Peserta Jambore Safety Riding Astra Honda Jateng, 22-24 November 2023 di Curug Sewu Patean Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. (Istimewa)

Solopos.com, KENDAL – Sebanyak 450 siswa SMK di Jawa Tengah (Jateng) mengikuti Jambore Safety Riding yang diadakan 22-24 November 2023 di tempat Wisata Curug Sewu Patean Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Jambore Safety Riding adalah ajang berkumpulnya siswa siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang tergabung dalam organisasi Forum Keselamatan Sekolah dalam mengikuti Lomba Budaya Keselamatan Industri Honda.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Event jambore ini rutin dilaksanakan dan tahun ini merupakan penyelenggaraan yang keempat. Selain itu jambore ditujukan sebagai wadah pembinaan dan evaluasi program Sekolah Safety Riding Mandiri Honda Jateng.

Konsep jambore menggabungkan budaya sekolah yakni kegiatan berkemah dengan budaya industri yakni keselamatan berkendara serta bermanfaat untuk lingkungan sekitar yakni memajukan dan mengenalkan wisata daerah kabupaten kendal yakni air terjun Curug Sewu dan menghidupkan perputaran ekonomi warga sekitar.

Kegiatan ini sangat dinanti oleh siswa. Terbukti sebanyak 450 siswa dan guru dari 60 SMK di bawah binaan Astra Motor Jateng tercatat mendaftar dan mengikuti. Ada banyak faktor yang mempengaruhi mereka tertarik untuk mengikuti kegiatan ini. Antara lain adanya perpaduan dua konsep pembelajaran sekolah dengan budaya industri keselamatan Honda dikemas dengan keren, asik, dan menarik selama jalannya kegiatan Jambore.

Turut mendukung acara ini dealer Cendana Sukorejo yang menghadirkan booth motor Honda dan area riding test spesial selama acara berlangsung. “Jambore ini kami padukan antara kegiatan pramuka yakni kemah berisi kompetisi pengetahuan dan keterampilan siswa dalam bidang K3 (Kesehatan Keselamatan Kerja) industri, macam-macam lomba seperti lomba pengetahuan keselamatan jalan, public speaking lalu lintas, etika berkendara, prediksi bahaya serta membaca pola bahaya di jalan raya,” ujar Suko Edi Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng, dalam siaran pers kepada Solopos.com, Sabtu (25/11/2023).

Kontribusi pendanaan tidak hanya dari Astra Motor Jawa Tengah tetapi dari peserta sehingga merasa terdorong dan lebih bersemangat menyelesaikan dan memenangkan lomba. Dalam jambore kemenangan turut mengangkat nama sekolah dan menambah prestasi sekolah di ajang kompetisi budaya industri antar SMK Jateng ini.

“Senang banget, apalagi ada lomba safety riding explore yang mewajibkan kami berjalan menyusuri sungai, turun naik bukit di mana ada pos-pos tempat pemberhentian untuk mengerjakan soal-soal yang dilombakan bersama siswa sekolah lainnya. Seru! Pingin ikut lagi tahun depan,” ucap Diana salah satu peserta dari SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo.

 

Berikut pemenang Juara Jambore Safety Riding #Cari_aman Astra Motor Jawa Tengah ke 4 yaitu :

Juara 1 : SMKN 1 Bancak, Kabupaten Semarang

Juara 2 : SMK Bhina Tunas Bhakti Juwana, Kabupaten Pati

Juara 3 : SMK Muhammadiyah Bligo, Kabupaten Pekalongan

Juara Harapan 1 : SMKN 1 Bulakamba, Kabupaten Brebes

Juara Harapan 2 : SMK Muhammadiyah 1 Jatinom, Kabupaten Klaten

Juara Harapan 3 : SMKN 1 Kandeman, Kabupaten Batang

 

“Selamat kepada Juara-juara Jambore Safety Riding Cari_aman, semoga makin bersemangat meningkatkan budaya keselamatan dan budaya industri di sekolahnya, tetap semangat bagi yang belum meraihnya dan kembali bergabung di jambore tahun berikutnya, terima kasih dan sukses untuk seluruh panitia dan Cendana Sukorejo untuk supportnya,” ujar Kepala Wilayah Astra Motor Jawa Tengah, Ronaldo Widjaja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya