SOLOPOS.COM - Vitalia Sesya

Vitalia Sesha

JAKARTA — Daftar 45 perempuan yang disebut-sebut sebagai dekat dengan Ahmad Fathanah ramai dibicarakan belakangan ini.

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Meski begitu, data itu belum tentu sama dengan KPK dan PPATK.

“Perlu disampaikan bahwa daftar itu bukan dari KPK dan nama-nama itu belum tentu sama dengan hasil analisis KPK dengan PPATK,” kata Juru Bicara KPK Johan Budi di gedung KPK Jakarta, Kamis (23/5).

Hal ini dikemukakan Johan, karena di kalangan masyarakat tersebar daftar nama 45 perempuan yang diduga menerima aliran uang dari Fathanah, beserta dengan jumlah uang yang disetorkan dan tanggal penyetoran.

“Nama-nama yang beredar itu belum tentu sama lho,” kata Johan lagi.

Baru-baru ini KPK telah kembali menyita sejumlah uang pemberian Fathanah kepada salah satu teman perempuannya, Tri Kurnia Puspita.

“Tri Kurnia tadi menurut penyidik telah mengembalikan uang sekitar Rp400 juta yang diduga dia terima dari AF (Ahmad Fathanah),” kata Johan Budi, Senin (20/5).

Johan mengemukakan bahwa uang tersebut diberikan Fathanah kepada Tri Kurnia sebagai tanda pertemanan.

Penyitaan yang dilakukan oleh KPK atas benda atau pun uang diduga pemberian Fathanah kepada teman-teman perempuannya tersebut, dikatakan Johan karena KPK sebelumnya sudah memperoleh data yang didapat dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan.

“Sebelumnya KPK memperoleh data bahwa ada aliran dana yang diperoleh yang bersangkutan sebagai bukti untuk tindak pidana pencucian uang Ahmad Fathanah, yang kami dapat dari PPATK,” kata Johan.

Johan juga kembali menekankan bahwa benda-benda tersebut disita bukan dirampas, sehingga bila putusan Hakim mengatakan bahwa barang-barang dan uang tersebut harus dikembalikan maka akan dikembalikan kepada yang bersangkutan.

Pada Selasa (7/5) KPK melakukan penyitaan terhadap mobil Honda Freed B 881 LAA, gelang merek Hermes dan jam tangan Rolex yang diserahkan atas nama Tri Kurnia Puspita.

Menurut Johan harga gelang Hermes buatan Prancis itu adalah sekitar Rp50 juta – Rp70 juta sedangkan jam tangan Rolex bernilai lebih dari Rp10 juta.

Sejumlah perempuan diketahui mendapatkan barang dan uang dari orang dekat mantan Presiden PKS Luthi Hasan Ishaaq tersebut.

Perempuan-perempuan itu antara lain mahasiswi Universitas Mustopo Maharany Suciyono yang ditangkap bersama dengan Fathanah pada 29 Januari di Hotel Le Meridien Jakarta, Maharany diketahui mendapat uang Rp10 juta dari Fathanah.

Padahal Fathanah diketahui memiliki istri muda bernama Sefti Sanustika yang masih hamil tua dan tinggal di apartemen di Depok.

Pada Jumat (3/5) artis Khadijah Azhari alias Ayu Azhari juga mengembalikan uang Rp20 juta dan 1.800 dolar AS yang diberikan oleh Fathanah sebagai ongkos pekerjaan Ayu yang ternyata tidak jadi dilakukan.

KPK pada Senin (6/5) juga menyita mobil Honda Jazz warna putih bernomor polisi B 15 VTA dan jam tangah mewah buatan Swiss merek Chopard senilai Rp70 juta.

Barang-barang itu diberikan kepada model majalah dewasa Vitalia Sesha.

Sebelumnya KPK sudah menyita empat mobil mewah milik Fathanah pada 6 Maret yaitu Toyota FJ Cruiser hitam bernomor polisi B 1330 SZZ dan Alphard putih bernomor polisi B 53 FTI yang dibeli di dealer di Pondok Indah,Land Cruiser Prado hitam bernomor B 1739 yang dibeli dari dealer Wiliam Mobil di Pondok Indah, serta satu Mercedes Benz.

Simak berita selengkapnya : http://digital.solopos.com/file/23052013/

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya