SOLOPOS.COM - Ilustrasi buku (JIBI/dok)

45 SD di Sragen dapat jatah buku Rp25 M.

Solopos.com, SRAGEN—Sebanyak 45 sekolah dasar (SD) di 20 kecamatan di Kabupaten Sragen mendapat bantuan buku bacaan untuk koleksi perpustakaan senilai Rp2,25 miliar pada 2018. Pengadaan buku bacaan tersebut sebagai bagian dari gerakan literasi yang digalakkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sragen.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kabid Pembinaan Sekolah Dasar Disdikbud Sragen, Kusmanto, saat ditemui Solopos.com, Senin (26/2/2018), mengatakan pengadaan buku itu dilakukan lewat proses lelang yang dimenangkan oleh CV Anugerah Semarang.

Menurutnya, setiap sekolah mendapat jatah 840 judul buku senilai Rp50 juta. Dia menjelaskan prioritas sekolah yang mendapat bantuan buku dari dana alokasi khusus (DAK) itu didasarkan pada tingkat kebutuhan sekolah dan sebagai wujud gerakan literasi yang dicanangkan Bupati Sragen. (baca: MAN 1 Sragen Luncurkan Buku Antologi Puisi Karya Siswa, Guru, dan Pejabat)

“Sebenarnya pada 2017 lalu sudah mendapat DAK Rp1 miliar untuk pengadaan buku bagi 20 sekolah. Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan, DAK tersebut tidak ditransfer karena hingga Agustus belum lelang. Kendati demikian dana itu tetap diserahkan kepada Sragen bersama dengan DAK Rp1,25 miliar untuk 25 SD. Jadi total DAK yang diterima pada 2018 menjadi Rp2,25 miliar untuk 45 SD,” papar Kusmanto.

Pihaknya berharap buku bantuan bisa digunakan sekolah untuk meningkatkan minat baca peserta didik. Di sisi lain, Bupati sangat berharap bantuan DAK dari pemerintah pusat untuk pengadaan buku terus bertambah sehingga bantuan buku itu bisa merata di 500-an SD yang ada di 20 kecamatan.

Selain mengandalkan DAK, Bupati lewat Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) juga memberi bantuan buku bagi SD yang dikunjungi Bupati saat kegiatan Tilik Kembang Desa (TKD) secara berkala. Pemkab juga mengalokasikan dana dari APBD senilai Rp200 juta untuk pengadaan buku bacaan anak SD sejak 2017.

“Memang ada kepedulian dari Bupati untuk gerakan literasi di sekolah. Untuk pengadaan buku dari dana APBD itu hanya untuk 20 sekolah. Masing-masing sekolah mendapat jatah buku bacaan senilai Rp10 juta,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya