SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar, Juliyatmono, melayani permintaan foto selfie PPPK guru SD-SMP Karanganyar usai penyerahan SK PPPK guru, di Graha PGRI Karanganyar di Desa Ngijo, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar, Rabu (18/5/2022). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sebanyak 448 guru honorer di Kabupaten Karanganyar mendaftar seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 2022. Sayang, tujuh di antaranya tidak memenuhi syarat administrasi sehingga gugur dalam proses selanjutnya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karanganyar, Suprapto, mengatakan berdasarkan hasil seleksi administrasi yang diumumkan 16-17 November 2022, lowongan PPPK tersebut diminati oleh 448 guru honorer.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Mereka akan bersaing untuk mendapatkan 376 sisa lowongan yang tersedia. Sebab, 173 lowongan lainnya sudah otomatis terisi oleh guru honorer yang sudah lolos passing grade pada seleksi sebelumnya, namun belum mendapat penempatan.

“Lowongan PPPK guru di Karanganyar ini kan jumlahnya 548. Ada 173 guru honorer yang sudah lolos passing grade seleksi sebelumnya, sehingga ketika mereka mendaftar mereka langsung lolos. Jadi sisanya 376. Yang mendaftar pada sisa lowongan ini ada 448 orang dan tujuh di antaranya tidak lolos seleksi administrasi, sehingga mereka tidak bisa melanjutkan ke seleksi tahap berikutnya,” ujarnya, Kamis (17/11/2022).

Baca Juga: Karanganyar Usul Rekrut 55 PPPK Tenaga Teknis, Hanya Disetujui 5

Sementara bagi yang lolos seleksi administrasi akan dinilai oleh kepala sekolah, guru senior, dan pengawas di lingkungan sekolah yang didaftar. “Setelah ada penilaian, akan ada pembobotan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan BKPSDM. Setelah itu mereka akan dinyatakan lolos seleksi PPPK guru atau tidak,” imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar membuka 548 lowongan guru pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Lowongan ini berlaku untuk pendaftar prioritas dan pendaftar umum.

Lowongan tersebut disiarkan dalam surat Pengumuman Nomor 800/5.954.22/2022 tertanggal 31 Oktober dan ditandatangani Sekretaris Daerah (Sekda) Sutarno.

Dalam pengumuman itu disebutkan bahwa kebutuhan PPPK guru tersebut berada pada jenjang SD dan SMP. Mereka akan ditempatkan di berbagai wilayah kecamatan di Karanganyar.

Baca Juga: 173 Guru Honorer di Karanganyar Pasti Lolos Seleksi PPPK Tahun Ini

Sebanyak 173 guru honorer di Kabupaten Karanganyar dipastikan akan lolos seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK)  2022 ini. Mereka adalah guru honorer yang lolos seleksi pada 2021 dan belum terakomodasi pada PPPK sebelumnya.

Para guru ini akan ditempatkan di sekolah yang telah ditentukan oleh sistem di Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya