SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MALANG — Puluhan ribu atau tepatnya 44.545 jiwa penduduk Kota Malang, Jawa Timur, masih belum melakukan perekaman kartu tanda penduduk elektronik (KTPE/e-KTP) sehingga dikhawatirkan mengganggu agenda Pilpres dan Pileg 2019.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang Eny Hari Sutiarni mengatakan warga yang belum melakukan perekaman KTP elektronik diberikan tiga lokasi untuk melakukan perekaman, yakni di kelurahan domisili yang bersangkutan maupun kelurahan terdekat dari tempat domisili.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Mereka juga bisa langsung di Kantor Dispendukcapil dan juga bisa melalui pelayanan mobil keliling,” ucapnya di Malang, Senin (15/10/2018).

Ekspedisi Mudik 2024

Terkait dengan lambatnya pergerakan perekaman, Eny mengutarakan ada kemungkinan adanya perubahan data, seperti telah meninggal dunia, perpindahan luar kota atau juga yang bersangkutan berada di luar kota.

Oleh karena itu, pada awal Oktober pihaknya telah mengirimkan formulir ke kelurahan-kelurahan untuk dialirkan ke RT/RW, agar dapat terverifikasi dan terdata kembali.

Wali Kota Malang Sutiaji meminta warga yang belum melakukan perekaman untuk segera mengurus.Kesempatan perekaman mulai awal Oktober sampai dengan awal Desember 2018.

“Kami imbau jadwal perekaman KTP elektronik dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, agar hak hak kependudukannya maupun hal administratif berkaitan dengan data kependudukan tidak terganggu seperti terkait Pilpres dan Pileg,”katanya.

Imbauan itu diberikan setelah melihat kehadiran warga dalam jadwal perekaman yang dilakukan di kelurahan-kelurahan. Seperti di kelurahan Kota Lama, Kec. Blimbing, dari sekitar 3.769 jiwa yang belum melakukan perekaman, yang hadir untuk melakukan perekaman baru 83 jiwa.

Dia juga menekankan agar data harus berbasis by name by address serta langsung diberikan undangan per jiwa, selain melalui pemangku RT/RW.

Pemkot Malang juga mengeluarkan surat edaran nomor : 470/3020/35.73.308/2018 perihal Perekaman Elektronik yang menekankan kepada ASN beserta keluarga untuk secara aktif melakukan perekaman KTP elektronik.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya