SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, BANYUMASSebanyak 4.259 keluarga di Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) mengalami krisis air bersih akibat kekeringan yang melanda sepanjang musim kemarau.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas menyatakan kekeringan di wilayah tersebut terus meluas dari sebelumnya 12 desa menjadi 14 desa.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

“Menurut data terkini sudah ada 14 desa dari 9 kecamatan yang terdampak kekeringan dan mengalami krisis air bersih,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banyumas, Ariono Poerwanto, Senin (8/7/2019).

Dia menambahkan ada 4.259 keluarga atau sekitar 15.040 jiwa yang terdampak kekeringan dan krisis air bersih di 14 desa. Desa yang mengalami kekeringan itu, yakni Desa Karanganyar, Kecamatan Patikraja, Desa Nusadadi dan Karanggendang di Kecamatan Sumpiuh, Desa Kediri dan Tamansari, Kecamatan Karanglewas.

Selain itu, Desa Banjarparakan dan Tipar Kecamatan Rawalo, Desa Srowot, Kecamatan Kalibagor, Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang, Desa Karangtalun Kidul dan Desa Kalitapen, Kecamatan Purwojati, Desa Jatisaba dan Desa Panusupan, Kecamatan Cilongok, dan Desa Buniayu Kecamatan Tambak.

Dia mengatakan pihaknya terus melakukan distribusi air bersih secara berkala guna membantu masyarakat yang membutuhkan.

Kami sudah mendistribusikan sebanyak 61 tangki air setara dengan 305.000 liter air ke desa-desa tersebut guna membantu masyarakat yang membutuhkan air bersih,” katanya.

Ariono mengatakan pihaknya menyiagakan sekitar 1.000 tanki air bersih guna mengantisipasi semakin meluasnya krisis air bersih di wilayah setempat.

Berdasarkan data BPBD Banyumas, pada 2018 ada sejumlah kecamatan yang mengalami kekeringan di Banyumas. Sejumlah kecamatan itu antara lain Sumpiuh, Banyumas, Somagede, Kalibagor, Cilongok, Purwojati, Kebasen, dan Karanglewas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya