SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Sebanyak 4.200 anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di Kota Madiun, Jawa Timur, mengikuti serangkaian bimbingan teknis (bimtek) untuk kesuksesan Pemilu 2019. Bimbingan teknis terkait tugas dan fungsi KPPS dilakukan empat tahap.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Madiun, Rokhani Hidayat, mengatakan seluruh anggota KPPS di Kota Madiun mengikuti kegiatan bimtek yang diselenggarakan KPU dalam empat tahap yaitu Kamis-Jumat (4-5/4/2019) dan Senin-Selasa (8-9/4/2019). Bimtek digelar di Asrama Haji Kota Madiun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia menyampaikan untuk materi yang diberikan yaitu seperti kategori pemilih, jumlah surat suara, kategori surat suara sah atau tidak, cara menghitung surat suara saat rekapitulasi, cara pemungutan suara, dan lainnya.

“Bimtek bagi KPPS ini penting diberikan karena nantinya mereka yang bertugas di setiap TPS dan menghitung rekapitulasi surat suara,” kata dia, Senin (8/4/2019).

Ketua KPU Kota Madiun, Sasongko, mengatakan KPPS merupakan kunci awal dalam pelaksanaan pemilu. Untuk itu, bimtek ini sangat penting supaya petugas KPPS mengetahui secara detail tugas dan fungsinya.

Sasongko menyampaikan bagi masyarakat yang telah memiliki surat keterangan untuk mencoblos namun belum memiliki e-KTP untuk segera menukarkannya di Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Kota Madiun.

“Untuk masyarakat yang sudah memiliki suket segera menukarkannya dengan e-KTP sebagai syarat mencoblos. Namun, pada saat pencoblosan nanti pemilih bisa menggunakan suket sebagai pengganti E-KTP,” kata dia. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya