400.000 Umat Katolik se-Jateng & DIY Mulai Gelar Misa Natal
Ilustrasi perayaan Natal. (dok. Solopos)

Semarangpos.com, SEMARANG – Sebanyak 400.000 umat Katolik di wilayah Keuskupan Agung Semarang (KAS) bakal mengikuti ibadah misa Natal mulai Senin (24/12/2018). Ibadah misa Natal itu akan digelar secara serentak di 100 gereja paroki yang berada di wilayah eks Keresidenan Semarang, Kedu, dan Yogyakarta.

Ketua Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan KAS, Rama Aloys Budi Purnomo, menyebutkan Natal kali ini KAS mengusung tema Semangat Keberagaman dan Solidaritas untuk Mewujudkan Natal 2018 dan Tahun Baru 2018 Yang Damai dan Kondusif.

Dengan tema itu, pihaknya pun mengajak seluruh umat Katolik untuk bahu-membahu menumbuhkan sikap perdamaian serta persaudaraan dalam keberagaman.

“Kita semua sebagai warga masyarakat ada dalam semangat yang sama untuk keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Rama Budi dalam keterangan resmi kepada Semarangpos.com, Jumat (21/12/2018).

Agar perayaan Natal berjalan khidmat, Rama Budi mengaku telah mematangkan persiapan ibadah melalu masa Advent selama empat pekan hingga saat ini.

Dalam rentang waktu itu, umat Katolik disarankan merenungkan tema-tema terkait dengan peranannya sebagai warga dalam memberi cahaya laksana pelita untuk menyinari kegelapan, menjadi ragi perdamaian dan menemukan mutiara indah hidup sesama anak bangsa.

Ia mengimbau kepada jemaatnya untuk merayakan Natal penuh kesederhanaan tetapi bisa mengusung semangat belarasa dengan sesama umat yang menderita karena berbagai musibah dan bencana.

Pada malam Natal nanti, Rama Budi menegaskan ibadah misa akan mendapat penjagaan dari aparat keamanan baik anggota TNI maupun Polri. Pihak keuskupan telah berkoordinasi dengan aparat dari polsek, polres, korem, kodim, hingga koramil untuk ikut membantu mengamankan ibadah misa.

Ibadah misa akan dimulai 24 Desember besok. Jadwal ibadahnya dimulai pukul 16.00 WIB sore kemudian berturut-turut sampai pukul 21.00 WIB malam. Lalu puncaknya 25 Desember, misa Natal dimulai sejak pukul 05.30 WIB sampai 11.00 WIB.

Sementara itu, Uskup Agung Semarang, Monsinyur Robertus Rubiyatmoko akan melaksanakan misa malam Natal pukul 17.30 WIB di Gereja Katedral Semarang.

"Bapak Uskup akan misa Malam Natal di Gereja Katedral Semarang pukul 17.30 WIB. Pada 25 Desember siang, beliau akan menggelar open house di Keuskupan Agung Semarang, Jalan Pandanaran," kata Rama Budi.

Dilain pihak, Gereja Paroki Santa Theresia Bongsari Semarang, akan menyemarakan malam Natal dengan suguhan budaya menarik. Pastor Gereja Paroki Santa Theresia Bongsari, Rama Eduardus Didik, menyatakan gerejanya akan menggelar pementasan teater, pemutaran film hingga pertunjukan seni untuk menumbuhkan kepekaan kaum muda untuk sesama umat manusia.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom