SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

SOLO—Agenda tahunan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad, Sekaten, bakal disenggarakan pada Sabtu (29/12/2012) hingga Minggu (27/1/2013) di Solo.  Sebanyak 400 stan makanan, pakaian, pernak-pernik serta wahana permainan akan memeriahkan gelaran acara tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekretaris Panitia Pelaksana Sekaten 2012, MNg Suparno Budoyo, mengatakan saat ini kesiapan acara yang berlokasi di Alun-alun utara  itu sudah mencapai 75%.  Sementara rangkaian grebek dan gunungan akan diselenggarakan pada Januari 2013.

“Turunnya gamelan sekaten pada 17 Januari. Sedangkan puncak acara Gunungan Grebek Mulud akan berlangsung pada 24 Januari,” jelasnya saat ditemui Solopos.com di Pagelaran Keraton Solo, Selasa (25/12/2012).

Panitia, lanjutnya, tidak menargetkan jumlah transaksi maupun pengunjung. Acara Sekaten lebih ditujukan untuk mengingatkan kepada masyarakat tentang syiar agama yang menggunakan kearifan budaya lokal.

Selama Sekaten itu diperkirakan jumlah wisatawan luar kota yang datang ke Solo juga akan meningkat. Apalagi pada prosesi gunungan, masyarakat Soloraya biasanya akan berbondong-bondong ngalap berkah.

Selama gelaran pasar malam itu, panitia memungut biaya sewa stan bagi pedagang yang ingin berjualan di area tersebut. Biaya stan adalah Rp400.000/bulan bagi pedagang yang berjualan di Alun-alun. Sedangkan pedagang yang berjualan di Pagelaran Keraton Solo dipungut biaya Rp2 juta/bulan.

Pedagang yang berjualan di Sekaten, imbuhnya, justru lebih banyak berasal dari luar Kota Solo. Seperti pedagang gerabah misalnya berasal dari Jepara. Sementara itu, pedagang telur asin, sirih dan jenang alot di antaranya berasal dari Sukoharjo dan Wonogiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya