400 Anggota Kodim Terjun Kawal Pilkada Klaten, Prajurit TNI Siap Jaga Netralitas
Ilustrasi pilkada. (Freepik)

Solopos.com, KLATEN — Jajaran Kodim 0723/Klaten menerjunkan 400 anggotanya guna mengawal tahapan Pilkada Klaten 2020. Di sisi lain, Polres Klaten menerjunkan 776 anggota. Komandan Kodim (Dandim) 0723/Klaten, Letkol (Inf) Joni Eko Prasertyo, mengatakan setiap prajurit TNI wajib menjaga netralitas sepanjang tahapan Pilkada Klaten 2020 berlangsung.

Di Pilkada 2020, Kodim 0723/Klaten menyiapkan pasukan on call di setiap wilayah. Hal itu guna mendukung terciptanya iklim kondusif di Klaten.

"Di Pilkada 2020, kami akan terjunkan 400 anggota. Di luar itu, kami siapkan cadangannya sebanyak 260 anggota. Kami membantu polisi dalam menjaga keamanan di Pilkada 2020," kata Letkol (Inf) Joni Eko Prasetyo, saat ditemui wartawan di Makodim 0723/Klaten, Selasa (22/9/2020).

Kisah Mbah Sarikem Wanita Tertua di Sragen, Usianya 1,1 Abad

Joni Eko Prasetyo mengatakan setiap prajurit TNI juga diwajibkan menjaga netralitas. Prajurit TNI telah siap bertugas memberikan perlindungan ke pasangan calon (paslon) secara adil.

"Kami akan beri perlindungan yang sama [ke masing-masing paslon]," katanya.

Polisi

Selain TNI yang siap menjaga netralitas, 776 anggota Polres Klaten juga diterjunkan demi mengamankan Pilkada Klaten 2020. "Kami segera melakukan pemetaan daerah rawan. Saat ini, situasi di Klaten masih kondusif," kata Kapolres Klaten, AKBP Edy Suranta Sitepu.

Sebagaimana diketahui, Pilkada 2020 di Klaten akan diikuti tiga paslon. Mereka adalah Sri Mulyani-Yoga Hardaya (Mulyo), Arif Budiyono (ABY)-Harjanta (HJT), dan One Krisnata-Muhammad Fajri (ORI)

Bisa Capai Usia 1,1 Abad, Ini Kunci Mbah Sarikem Wanita Tertua di Sragen Panjang Umur

Mulyo diusung PDIP dan Partai Golkar dengan 26 kursi di DPRD Klaten, ABY-HJT diusung PKB, PAN, PPP, dan Partai Nasdem dengan 11 kursi di DPRD Klaten, sedangkan ORI diusung Partai Demokrat, PKS, dan Partai Gerindra dengan 13 kursi di DPRD Klaten.

"Di tengah pandemi Covid-19 ini, tahapan Pilkada jalan terus. Semoga, pelaksanaan Pilkada di Klaten berjalan sukses," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten, Kartika Sari Handayani.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom