Kategori: Leisure

4 Tips Lebaran di Rumah Aja Tanpa Perlu Mudik


Solopos.com/Chelin Indra Sushmita

Solopos.com, SOLO – Momen Hari Raya Idulfitri selalu identik dengan tradisi mudik untuk bersilahturahmi dengan keluarga dan kerabat. Tapi, kali ini agaknya banyak orang yang terpaksa merayakan Lebaran di rumah tanpa mudik.

Selain memerlukan perencanaan keuangan yang matang, kondisi kesehatan seperti pandemi pada saat ini bisa menjadi faktor batalnya mudik Lebaran. Tapi, kamu tidak perlu berkecil hati karena Lebaran di rumah aja tanpa mudik bisa tetap dirayakan dengan seru bersama keluarga tercinta.

Untuk kamu yang tidak bisa mudik Lebaran tahun ini, berikut tips Lebaran di rumah aja yang bisa kamu coba untuk membuat suasana Lebaran tetap terasa fitri.

Makin Ngehits, Ini Bayaran Mbah Minto Sekali Ngevlog

1. Jalin Silahturahmi Tetap Berjalan

Tidak bisa mudik Lebaran bukan berarti jalinan silahturahmi terputus. Dengan teknologi video call, kini kamu bisa lebih mudah berkomunikasi dengan sanak saudara yang berada di kampung halaman.

Jadi, tetap jaga silahturahmi pada saat Lebaran di rumah aja. Lakukan panggilan video dengan anggota keluarga serta kerabat di kampung halaman untuk mengucapkan selamat Idulfitri. Dengan begitu, keluarga bisa tetap terasa dekat meski terhalang oleh jarak.

ASN Klaten Terima Bantuan Sosial Tunai, Kok Bisa?

2. Buat Suasana Lebaran tetap Terasa di Rumah

Tidak bisa merayakan Lebaran dengan keluarga besar karena tidak mudik bukan berarti kamu tidak bisa merasakan kemeriahan Lebaran di rumah. Agar atmosfer khas Lebaran tetap terasa, buatlah suasana rumah menjadi lebih meriah dengan berbagai dekorasi khas Lebaran.

Persiapkan juga berbagai camilan serta ragam kuliner khas Lebaran yang biasa kamu santap bersama keluarga pada saat Idul Fitri. Tidak ada salahnya melaksanakan tradisi Lebaran khas keluarga di rumah. Dengan begitu, kamu tidak akan kehilangan momen Lebaran bersama keluarga.

Tiru Malaikat, Aplikasi Raqib Atid Catat Pahala dan Dosa Pengguna

3. Rencanakan Berbagai Kegiatan Bersama Keluarga di Rumah

Agar tidak bosan menghabiskan libur Lebaran di rumah aja, kamu bisa merencanakan berbagai kegiatan yang bisa dilakukan bersama-sama di rumah. Mulai dari bermain board game, movie marathon, memasak berbagai hidangan khas Idulfitri bersama.

Anda bisa juga mencoba berbagai kegiatan outdoor seperti badminton di pekarangan rumah. Kegiatan ini bisa menjadi alternatif mengisi libur Lebaran bersama keluarga di rumah aja.

Peri Baik Hati Pohon Lawang Sewu Terlihat Gadis Indigo

4. Pertimbangkan Staycation Lebaran untuk Suasana Baru

Jika kamu sudah suntuk menghabiskan hari-hari di rumah, maka alternatif merayakan Lebaran tanpa mudik untuk mengusir rasa bosan adalah melakukan staycation dalam kota. Ya, trend staycation Lebaran bukanlah hal baru karena hal ini telah jadi alternatif sejak beberapa tahun silam. Khususnya bagi orang-orang yang tidak mudik namun ditinggal oleh asisten rumah tangga untuk mudik.

Dengan staycation di hotel, kamu tak perlu pusing memikirkan persiapan Lebaran dan kebutuhan lainnya. Sebab semua fasilitas dan layanan di hotel telah melengkapinya. Termasuk berbagai menu makanan khas Lebaran yang bisa kamu pesan dari restoran hotel.

Apalagi, dengan memanfaatkan promo Ramadhan 2020 yang kerap ditawarkan oleh hotel-hotel. Kamu bisa temukan banyak pilihan hotel untuk staycation Jakarta serta kota-kota lainnya di Indonesia.

Lebih praktis lagi, kamu bisa gunakan aplikasi Traveloka untuk pemesanan hotel dengan mudah dan dengan harga terbaik!

Demikianlah beberapa tips Lebaran di rumah aja yang bisa kamu coba agar perayaan Lebaran kali ini tetap bermakna meski tidak bisa mudik ke kampung halaman. Sudah siap rencanakan Lebaran bersama keluarga di rumah aja tahun ini?

Share
Dipublikasikan oleh
Chelin Indra Sushmita