SOLOPOS.COM - Ilustrasi parkir mobil di bawah panas terik. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Memarkir kendaraan saat panas terik siang hari bisa berakibat buruk terhadap kondisi kendaraan Anda, karena itu ketahui tips parkir yang aman. Simak ulasannya di tips otomotif kali ini.

Pasalnya, banyak sekali dampak buruk yang diberikan jika sering memarkirkan kendaraan di tempat yang panas. Memang cuaca bisa berimbas pada beberapa bagian kendaraan. Bahkan ada beberapa hal yang sering dilupakan pemilik saat memarkirkan kendaraan saat panas terik matahari.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Berikut ini sejumlah tips aman parkir mobil saat cuaca panas terik yang harus Anda perhatikan seperti dikutip dari centrepark.co.id pada Selasa (3/10/2023):

1. Wiper kaca mobil

Banyak orang yang meninggalkan wiper mobil dalam keadaan seperti semula, baik parkir dalam keadaan panas atau tidak. Padahal meninggalkan wiper kaca kendaraan saat panas terik bisa berdampak buruk karena suhu yang panas pada kaca mobil dapat menyebabkan wiper mudah mengalami getas.

Padahal seperti yang diketahui wiper digunakan untuk mengelap kaca. Maka dari itu, sangat memarkir kendaraan di panas yang terik usahakan wiper tidak menempel pada kaca. Berikan jarak antara wiper dengan kaca mobil.

2. Hindari meninggalkan benda mudah meledak

Tips aman parkir mobil saat panas terik yaitu hindari meninggalkan benda mudah meledak di kabin kendaraan roda empat. Memarkirkan kendaraan di panas terik siang hari akan membuat kendaraan tersebut seperti microwave. Maka dari itu, suhu yang ada di dalam kendaraan akan sangat panas. Padahal banyak orang yang lalai dan meninggalkan beberapa barang di dalam mobil. Salah satunya ada benda yang mudah meledak.

Mungkin  Anda tidak menyangka bagaimana benda tersebut bisa meledak. Ada beberapa benda yang memang mudah meledak dan tidak bisa ditinggalkan begitu saja di dalam mobil. Salah satunya adalah power bank yang memiliki baterai lithium ion. Pada suhu yang tinggi power bank bisa meledak karena komponen yang mudah korslet.

Kemudian minuman bersoda dengan kemasan kaleng menjadi salah satu yang mudah meledak. Pasalnya, minuman bersoda memiliki tekanan yang tinggi dari gas yang ada di dalamnya.

3. Menurunkan kaca mobil

Banyak juga orang yang lupa tidak menurunkan kaca kendaraan saat parkir di terik matahari. Padahal sedikit menurunkan kaca mobil merupakan hal yang penting. Pasalnya, untuk mengurangi hawa panas yang ada di dalam mobil.

Kamu bisa sedikit menurunkan kaca sekitar setengah centimeter. Namun lebih baik melakukan hal ini jika kendaraan kamu dilengkapi dengan talang air. Jika tidak ada talang air, maka akan terlihat bahwa kaca terbuka di parkiran. Hal ini bisa menyebabkan tindak kejahatan yang tidak diinginkan.

4. Penutup kendaraan

Tips aman parkir mobil saat terik panas yaitu pakailah penutup kendaraan. Banyak orang yang menyepelekan akan penutup kendaraan karena biasanya orang menggunakan penutup kendaraan pada malam hari. Padahal di saat parkir siang hari juga dibutuhkan. Penutup kendaraan akan berguna meredam panasnya matahari. Selain itu, dapat juga berfungsi untuk mencegah dampak buruk panas terik matahari yang dapat menyebabkan bodi mobil mengalami pecah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya