4 Tanda Anda Tidak Bahagia Dilihat dari Sisi Psikologis

Seringkali kita mengartikan orang yang jarang tersenyum sebagai tanda tidak bahagia.

 Murung tanda tidak bahagia. (Ilustrasi/Freepik)

SOLOPOS.COM - Murung tanda tidak bahagia. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah tanda Anda tidak bahagia secara psikologis. Perasaan ini dapat diartikan sebagai kondisi di mana Anda merasa tidak puas, selalu fokus pada apa yang tidak dimiliki, bukan sebaliknya.

Ada empat tanda Anda tidak bahagia jika dilihat dari sisi psikologis. Kebahagiaan yang gagal diraih bisa mempengaruhi kualitas keseluruhan hidup Anda seperti karier, hubungan asmara, dan kesejahteraan hidup. Lantas, apa yang membuat orang tidak bahagia?

Seringkali kita mengartikan orang yang sendirian, terlihat diam saja, atau jarang tertawa sebagai tanda tidak bahagia. Sebaliknya ketika kita melihat orang banyak tawa atau senyuman sebagai pertanda kebahagiaan.

Namun hal tersebut mungkin tidak sepenuhnya benar. Kadang-kadang orang yang merasa tidak bahagia justru menyembunyikannya di balik tawa lebar dan senyuman. Kehidupan memang selalu naik turun, hal ini juga bisa memengaruhi kondisi psikologis dan kesehatan mental orang.

Baca Juga: Kenali Gejala Hipertensi Seperti Dialami Tukul Arwana

Berikut ini tanda seseorang tidak bahagia jika dilihat dari sisi psikologis seperti dilansir dari Times of India dan Bisnis.com, Selasa (28/9/2021):

1. Memilih hidup dalam kenangan

Tanda pertama Anda tidak bahagia adalah memilih hidup dalam kenangan. Tentunya, masa lalu kita memainkan peran penting dalam kehidupan. Namun, memikirkan kenangan negatif dari masa lalu dapat membuatnya memengaruhi masa kini dan membiarkannya memengaruhi masa depan Anda, hingga dapat membuat sangat tidak bahagia seiring waktu.

2. Hidup dalam kebencian

Hidup ini penuh dengan penyesalan dan dendam. Tetapi haruskah Anda terus mengkhawatirkan dan membiarkannya mendominasi pikiran Anda? Menyimpan dendam, bersumpah untuk membalas orang-orang yang menganiaya Anda, dan mencari cara untuk membuat mereka membayar kembali perbuatannya, hanya akan membuang-buang waktu.

Baca Juga:  Ikuti Jejak Mark Zuckerberg, Yuk Terapkan Frugal Living

3. Khawatir tentang apa yang dikatakan orang lain

Tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk mencegah orang berbicara. Ini adalah hidup, dan tanpa disadari pada titik tertentu Anda juga mungkin pernah melakukannya. Namun, apakah Anda ingin membatasi diri, membatasi gerakan, atau mengatur perilaku Anda berdasarkan apa yang akan dikatakan orang tentang Anda lain? Tidak semuanya ada dalam kendalimu, jadi belajarlah untuk melepaskan.

Baca Juga: Wah! Semua Member Blackpink Bakal Hadir di Paris Fashion Week

Meskipun Anda dapat mengubah cara hidup Anda, menggunakan perubahan gaya hidup tertentu, untuk membawa perubahan di masa depan, ada hal-hal yang benar-benar tidak dapat dilakukan. Inilah saatnya Anda harus melepaskannya. Karena memikirkan apa yang akan terjadi, bagaimana hal-hal akan terjadi, hanya akan membuat Anda lebih cemas dan stres.

4. Tidak percaya diri

Tidak apa jika suatu saat bernuat kesalahan. Pilihan dan keputusan yang Anda buat bisa mengarah ke segala arah, baik atau buruk. Tetapi meragukan diri sendiri, menyalahkan diri sendiri karena salah tentang keputusan tertentu, hanya akan meninggalkan lekukan pada pikiran dan jiwa Anda. Jangan hanya memikirkan kemungkinan yang terburuk. Penting bagi Anda untuk memercayai diri sendiri dan keputusan Anda. Menjadi orang yang sinis terkadang berguna, tetapi itu akan selalu membuat Anda tidak bahagia dan pahit.


Berita Terkait

Berita Terkini

Semangat Berkarya Meski di Rumah Aja Bersama AnaKrea

Masa pandemi tentu bukan penghalang bagi adek-adek yang bersekolah di PAUD/TK untuk tetap berkarya. Melalui Program AnaKrea, mereka tetap bisa berkarya melalui kegiatan mewarnai

7 Mitos Weton Lahir Pada Hari Wage, Nomor 5 Bikin Bahagia

Inilah 7 mitos weton seseorang yang lahir pada hari Wage.

Siapa Lele PUBG Gamers, Wanita Cantik Terlibat Video Mesum 13 Detik?

Viral wanita cantik terseret dalam kasus video mesum 13 detik, siapa sebenarnya Lele, gamers online PUBG?

Doa Mengusir Ular dari Rumah Menurut Islam, Plus Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa mengusir ular dari rumah jika hewan tersebut masuk ke kediaman Anda menurut ajaran Islam. Dilengkapi latin dan artinya.

Tak selalu Buruk, Nasi Putih Ternyata Bermanfaat untuk Tubuh

Nasi putih adalah sumber karbohidrat utama yang menjadi makanan pokok di banyak negara, terutama Indonesia.

Waduh! Rusia Temukan Varian Baru yang Lebih Menular

Laporan pemerintah Rusia menyebutkan sejumlah infeksi Covid-19 varian baru yang diyakini lebih menular dari varian Delta.

Viral Jual Frozen Food Tanpa Izin Edar BPOM Kena Denda, Benarkah?

Lalu benarkah penjual terancam denda Rp4 miliar jika menjual frozen food tanpa izin edar BPOM?

Berkaca dari Kasus Rachel Vennya, Perlukah Satgas di Tiap Entry Point?

Gagasan perlunya Satgas di tiap entry point itu menjadi buntut dari kasus selebgram Rachel Vennya yang mangkir dari kewajibannya menjalankan karantina.

Bisa Cegah Terpapar Virus, Begini Cara Terapi Cuci Hidung yang Benar

Terkait masalah indera penciuman yang hilang atau anosmia, dengan melakukan terapi cuci hidung, secara perlahan bisa kembali normal seperti sedia kala.

Unik! Bocah Ini Milik Nama Urutan Abjad, Panggilannya Tak Terduga

Ayah anak berusia 12 tahun itu sudah menyiapkan nama unik itu sebelum anaknya lahir dan mempunyai panggilan yang tak terduga.

Shandy Aulia Sebut Patah Hati Bikin Kurus, Ini Faktanya

Namun sebenarnya efek patah hati seperti diungkapkan Shandy Aulia bukan hanya terhadap berat badan.

Asal Usul Mitos Larangan Menikah Orang Mayang dengan Pajang Solo

Ada mitos larangan menikah orang Mayang, Sukoharjo dengan orang Pajang, Solo. Begini awal mulanya mitos tersebut muncul!

Viral Pacaran Bawa Mobil Dinas PJR, Begini Respons Warganet

Foto polisi bawa mobil dinas patroli untuk pacaran tersebut diduga diunggah oleh akun Instagram @dianpspita21 namun kemudian tersebar di media sosial.

Sempat Diremehkan, Para Pemuda di Bangka Berhasil Bangun Tempat Wisata

Sejumlah pemuda berhasil membuktikan jerih payah mereka dan membuahkan hasil dengan menyulap danau menjadi objek wisata meski sebelumnya sempat diremehkan beberapa pihak.

Viral Video Mesum Lele 13 Detik, Diperankan Gamers PUBG

Beredar video mesum viral di media sosial yang diperankan gamers PUBG Indonesia dengan akun Lele berdurasi 13 detik.