4 Tahun Single, Bupati Klaten Sri Mulyani Akhirnya Punya Pendamping
Sri Mulyani-Yoga Hardaya mengikuti gladi bersih upacara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan bupati dan wakil bupati Klaten di Pendopo Pemkab Klaten, Kamis (25/2/2021). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Bupati Klaten Sri Mulyani akhirnya punya pendamping untuk lima tahun ke depan setelah empat sebelumnya menjadi single fighter. Pendamping tersebut yakni Yoga Hardaya.

Sri Mulyani dan Yoga Hardaya akan dilantik sebagai Bupati-Wakil Bupati Klaten periode 2021-2026 di Pendopo Pemkab Klaten, Jumat (26/2/2021). Pelantikan ini berlangsung secara virtual, bersamaan dengan daerah lain yang juga menggelar Pilkada 2020 di Jateng.

Setelah dilantik, keduanya berjanji bakal berkolaborasi memimpin Kabupaten Bersinar. Mulyani mengaku cukup berat memimpin Klaten pada periode lalu atau 2016-2021. Mulyani sebelumnya merupakan wakil bupati mendampingi mantan Bupati Sri Hartini.

Baca Juga: Vaksinasi Pedagang Pasar Gede dan Klewer Solo Akhir Pekan Ini Dibuka Wali Kota Baru

Namun, Hartini tersandung kasus korupsi pada akhir 2016. Sejak 2017, Mulyani menggantikan posisi Hartini hingga akhir masa jabatan Bupati Klaten pada 17 Februari 2021. Selama itu pula Mulyani seorang diri alias single fighter menjadi Bupati Klaten tanpa pendamping.

“Alhamdulillah. Yang namanya pekerjaan berat itu kalau dipikul bareng-bareng akan lebih ringan. Periode pertama karena tidak ada wakil, saya harus selalu hadir sebagai bupati dan wakil. Besok sudah ada wakil bupati tentunya kerja nanti bisa dibagi berdua,” kata Mulyani di Pendopo Pemkab Klaten, Kamis (25/2/2021).

Mulyani mengatakan akan bekerja secara fleksibel bersama Yoga. Tak ada pembagian tugas pada bidang-bidang tertentu. “Kami berdua ke depan mengutamakan kepentingan masyarakat dan mewujudkan apa yang menjadi visi dan misi kami,” katanya.

Baca Juga: Disebut Angker, Gibran Cerita Pengalaman Tinggal Di Loji Gandrung Solo

Prioritas Program

Mengenai prioritas program yang akan bergulir pada periode masa jabatan lima tahun mendatang, Bupati Klaten itu bersama sang pendaming berjanji merealisasikan visi dan misi saat kampanye Pilkada 2020.

”Yang jelas pada visi dan misi sesuai janji saya pada masa kampanye akan kami tuangkan. Tentunya program kegiatan setiap tahun sesuai visi dan misi, dan tentunya RPJMD sesuai RPJMN. Yang jelas bahwa pendidikan, kesehatan, jalan, serta kemiskinan menjadi prioritas utama,” kata Mulyani.

Selain itu, prioritas pada awal periode ini yakni penanganan Covid-19 pada bidang ekonomi serta pemulihan ekonomi. Program penanganan Covid-19 setidaknya bergulir selama dua tahun awal menjabat sebagai pasangan bupati-wakil bupati.

Baca Juga: Alot! Hampir 4 Tahun Negosiasi Pesangon Eks Karyawan PD BKD Sukoharjo Tak Kunjung Kelar

Sementara itu, Yoga Hardaya juga menegaskan tak ada pembagian tugas pada bidang-bidang tertentu selama menjadi Wakil Bupati Klaten. Yoga bakal berusaha memajukan Klaten bersama Sri Mulyani berbekal pengalamannya sebagai anggota legislatif Klaten selama 15 tahun.

Yoga menegaskan tak bakal menjadi ban serep selama menjadi wakil bupati dengan bekerja saling menguatkan dan mengingatkan memimpin Kabupaten Bersinar. “Tetap nanti berkolaborasi. Tidak ada [pembagian tugas bidang tertentu], berjalan fleksibel saja menyesuaikan,” katanya.



Berita Terkini Lainnya








Kolom