4 Remaja Madiun Nyolong Kotak Amal, Uangnya Untuk Beli Miras
Para tersangka dalam sejumlah kasus kriminalitas yang terjadi di wilayah hukum Polres Madiun Kota selama Januari hingga 11 Februari 2020 di Mapolres Madiun Kota, Selasa (11/2/2020). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, MADIUN - Sebanyak empat orang diamankan oleh aparat Satreskrim Polres Madiun Kota karena mencuri kotak amal. Uang kotak amal itu digunakan pelaku untuk membeli minum-minumam keras dan berfoya-foya.

Penangkapan itu dilakukan pada akhir Januari 2020 lalu. Kelompok spesialis pencurian kotak amal masjid ini memang sudah meresahkan warga. Kali terakhir, mereka mencuri di dua masjid di wilayah Kota Madiun, yaitu Masjid Mujahidin, Manisrejo, Taman, dan di Masjid Al-Ikhlas Perumahan Bumi Mas, Mojorejo, Taman.

Kabar Bagus! Persis Solo Vs Persib Bandung Dapat Izin

Kasatreskrim Polres Madiun Kota, AKP Suharyono, mengatakan petugas mengamankan empat orang pelaku pencurian kotak amal masjid. Keempat pelaku pencurian kotak amal ini dua di antaranya remaja dan dua di antaranya anak-anak.

Dua pelaku remaja yaitu berinisial MAU, 19, dan GFF, 19. Keduanya merupakan warga Kelurahan Sukosari, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun. Sedangkan dua pelaku lainnya masih pelajar SMP.

"Untuk kedua pelaku remaja ini kita tahan dan proses hukum berlanjut. Sedangkan dua pelaku yang masih pelajar SMP tersebut tidak ditahan dan akan dilakukan pembinaan," kata dia saat pengungkapan kasus kriminalitas di wilayah Kota Madiun selama Januari hingga 11 Februari 2020 di Mapolres setempat, Selasa (11/2/2020).

Truk BBM Pertamina Gasak Tronton di Penggung Boyolali, Sopirnya Ngantuk...

Modus yang dilakukan sekawanan pencuri ini yaitu dengan mendatangi masjid pada malam hari saat situasi sepi. Setelah dirasa aman, pelaku kemudian mengambil uang di dalam kotak amal masjid.

Para pelaku ini mengambil uang kotak amal dengan menggunakan sapu lidi yang ujungnya diberi lem atau perekat. Mereka kemudian mengambil satu per satu uang kertas yang ada di dalam kotak amal itu. "Ada yang kotak amalnya dirusak. Ada juga pelaku menggunakan lidi yang sudah diolesi perekat untuk mengambil uang di dalam kotak," tutur dia.

Aplikasi Smartphone Bikinan Mahasiswa UGM Menang Kompetisi Internasional

Setelah mendapatkan uang, pelaku kemudian menggunakan uang tersebut untuk membeli minuman keras dan bersenang-senang. Terungkapnya kasus ini berkat warga sekitar masjid yang mengetahui gerak gerik mencurigakan dari empat remaja itu.

"Kami mengamankan sejumlah barang bukti. Antara lain uang tunai senilai Rp380.500. Uang ini diduga uang sisa pencurian," jelas Kasatreskrim.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho