SOLOPOS.COM - Muhammad Dai, Wakil Rektor I UMS (Himawan I/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO-Empat program studi (prodi) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi (PT). Empat prodi tersebut yakni Farmasi, Ekonomi Manajemen, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Akuntansi. Hingga 2017 UMS menargetkan 50 persen prodi di UMS terakreditasi A.

Wakil Rektor I UMS, Muhammad Da’i, mengatakan akreditasi merupakan langkah kampus untuk menjamin mutu kampus dan prodi. UMS, lanjut dia, melakukan dua langkah penjaminan mutu yakni penjaminan mutu internal dan eksternal.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Prinsip akreditasi yakni PT atau prodi membuat perencanan rencana [plan] akademik, menjalankan perencaan [do], evaluasi, dan aksi [action] hasil evaluasi tadi,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (15/1/2014) di ruang humas setempat.

Da’i mengungkapkan UMS melakukan audit internal dua kali dalam setahun. Namun audit tersebut tentu membutuhkan konfirmasi dengan lembaga penjamin mutu eksternal yakni BAN PT. Diungkapkan dia, ada tujuh standar dan 100 item yang harus dikonfirmasikan BAN PT kepada Prodi.

“Beberapa standar tersebut yakni visi misi, tata kelola, mahasiswa, lulusan, pendanaan, dan kerjasama. Intinya PT harus berusaha mengimplementasikan indikator mutu PT, A berarti sangat baik, B berarti baik, C berarti cukup,” ujarnya.

Lebih lanjut, Da’i menjelaskan dari 50 program studi di UMS kini mayoritas berakreditasi A dan B, hanya prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang masih terakreditasi C. Tahun ini akreditasi C ke B ada dua prodi yakni prodi Ekonomi Pembangunan, Keperawatan, dan Pendidikan Kedokteran. Sementara untuk akreditasi B ke A yakni jurusan Ekonomi Manajemen, Akuntansi, dan Pendidikan Geografi. Dijelaskan pula, ada prodi baru namun langsung mendapatkan akreditasi B yakni S3 Hukum..

“Ada 40an Prodi yang bertahan di B. UMS ada 50 prodi tersebar di 12 fakultas dan kini jumlah mahasiswa kami 24.000 mahasiswa. Target A sekurang-kurangnya 50 % sampai 2017. Saat ini, akreditasi A baru 20 persen,” terangnya.

Ia mengungkapkan proses akreditasi diawali dengan pengajuan borang enam bulan sebelum masa akreditasi habis. Pihaknya harus bersaing dengan 10.000 prodi yang diakreditasi dari 3.000 PT seluruh Indonesia.

“Ini menunjukan semangat kompetisi dengan mitra PT lain, bersaing dalam hal positif untuk menunjukan proses akademik yang bisa dipertanggungjawabkan,” ujarnya.

Pekerjaan rumah (PR) bagi UMS yakni meningkatkan prodi yang masih terakreditasi C seperti PGSD. Dai menjelaskan tengah melakukan pendampingan intensif yang dituangkan dalam Rencana Pengembangan Program Studi (RPPS).

Tahun ini pihaknya juga mengajukan reakreditasi untuk sejumlah prodi yakni Geografi, Ilmu Hukum, PGSD, Gizi (D3 dan S1), dan kesehatan masyarakat. Untuk Jenjang Magister proses reakreditasi untuk Magister Manajemen, Magister Studi Islam, Magister Pemikiran Islam, Magister Pendidikan Islam, dan Magister Pendidikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya