SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi. dokJIBI/SOLOPOS/Antara

SELO–Empat pendaki dari UGM yang sempat hilang di Gunung Merapi, Jumat (29/12/2012) malam, ditemukan oleh tim SAR gabungan. Meskipun demikian, pendakian Gunung Merapi dan Gunung Merbabu pada tahun baru nanti tetap dibuka.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Komandan SAR Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetyo, menjelaskan disorientasi menyebabkan empat pendaki tersebut sempat hilang. “Penyebabnya adalah disorientasi. Dua pendaki pertama bisa turun kemudian dua lainnya sempat menelpon dan mengabarkan butuh bantuan,” katanya saat dihubungi Solopos.com, Sabtu.

Yoyok, panggilan akrab Kurniawan Fajar Prasetyo, mengamini kabar minimnya bekal empat pendaki itu. “Ya mungkin karena masalah pengalaman dan kurang persiapan,” tukasnya.

Dari informasi tersebut, lanjut dia, tim SAR gabungan naik mencari keberadaan dua pendaki itu. Berangkat dari base campe Barameru, Selo, Jumat sekitar pukul 20.00 WIB, tim kemudian menemukan dua pendaki itu di sekitar Watu Gajah Mungkur atau sekitar Pasar Bubrah, bagian dari lereng Gunung Merapi.

“Ketemunya pukul 23.00 WIB kemudian mereka kami bawa turun sampai pos basecamp sekitar pukul 03.30 WIB [Sabtu dini hari],” imbuhnya.

Yoyok menegaskan empat pendaki itu dalam kondisi selamat dan sehat. Korban sekitar pukul 05.00 WIB dibawa ke Jogja.

Diakui Yoyok, intensitas hujan yang tinggi serta kabut membuat tantangan pendakian bertambah. Dari kasus itu, dia meminta peningkatan kewaspadaan pendaki, utamanya yang biasa membeludak pada malam tahun baru.

Meskipun cuaca buruk, jalur pendakian Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dijelaskannya tak ditutup. “Koordinasi dari BPBD memang tak kemudian menginstruksikan menutup jalur pendakian,” tandasnya.
Namun, Yoyok mengimbau pendaki melengkapi diri dengan standar pendakian. “Ya pesan kami pendaki lebih waspada dan berhati-hati, jangan sendiri,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya