Kategori: Karanganyar

4 Pegawai Kantor Kemenag Karanganyar Sempat Positif Covid-19, Layanannya Gimana?


Solopos.com/Sri Sumi Handayani

Solopos.com, KARANGANYAR -- Empat pegawai Kantor Kementerian Agama atau Kemenag Kabupaten Karanganyar ternyata sempat terpapar Covid-19.

Di antara empat pegawai tersebut ada yang terpapar sekaligus harus berjuang sembuh dari penyakit penyerta. Kini, kondisi empat pegawai tersebut sudah sembuh.

Namun, mereka masih harus menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Lantas bagaimana layanan di Kantor Kemenag?

Baca juga: Pungutan Liar di Gajahan Solo, Wawali Teguh Sebut Itu Tradisi

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar, Purwati, membenarkan pernah terjadi kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kemenag Karanganyar beberapa waktu lalu.

“Di Kantor Kemenag itu ada empat orang positif Covid-19,” kata dia saat berbincang dengan wartawan, Jumat (30/4/2021). Tetapi, Purwati tidak menjelaskan detail kasus tersebut.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Karanganyar, Wiharso, menyampaikan kondisi empat empat yang sempat terpapar Covid-19 sudah sembuh. Tetapi, mereka masih menjalani isolasi mandiri di rumah.

Baca juga: Tol Trans Jawa Mudahkan Berwisata ke Gunung Bromo

Isolasi Mandiri

“Kemenag ada empat kasus positif. Kasus pertama itu karena yang bersangkutan ada sakit penyerta. Ada asam lambung dan asma. Dia dirawat di rumah sakit dan ditunggui istri dan anak. Mereka [istri dan anak dilakukan tes swab PCR Covid-19] negatif,” tutur dia saat berbincang dengan Solopos.com, Sabtu (1/5/2021).

Kasus lain, kata Wiharso, juga dirawat di rumah sakit karena memiliki sakit penyerta, yakni tekanan darah tinggi dan asam lambung. Pegawai Kemenag tersebut sudah pulang ke rumah karena sudah dinyatakan negatif Covid-19.

“Tetapi memang masih dipantau kesehatan di rumah. Dia masih harus menjalani karantina mandiri di rumah selama 14 hari. Kasus lainnya dalam kondisi tanpa gejala sehingga menjalani isolasi mandiri di rumah,” tutur dia.

Baca juga: Peringati Hari Buruh Internasional, Jokowi: Buruh Aset Besar Bangsa

Wiharso memastikan seluruh pegawai Kantor Kemenag Kabupaten Karanganyar sudah melaksanakan tes swab PCR Covid-19 setelah muncul kasus tersebut.

Hasil tes swab PCR terhadap seluruh pegawai negatif. Lantaran itu, dia menegaskan Kantor Kemenag Karanganyar sudah aman dan bisa melayani seperti biasa.

“Jadi memang sebelum empat pegawai itu dinyatakan Corona, mereka sudah izin cuti karena sakit. Cukup lama sehingga memang tidak kontak dengan rekan-rekan lain. Mereka sudah mengantisipasi. Kasus ini terjadi sebelum Ramadan ya. Prinsipnya Kemenag sudah aman,” tegas dia.

Baca juga: Sering Nyeri Otot Saat Puasa? Ternyata Ini Penyebabnya

Kasus pegawai perkantoran terkonfirmasi positif Covid-19 kembali muncul di sejumlah kantor di Kabupaten Karanganyar beberapa waktu terakhir.

Data yang dihimpun Solopos.com dari Dinkes Karanganyar, selain di Kantor Kemenag Kabupaten Karanganyar, kasus terkonfirmasi Covid-19 pernah terjadi di Kantor Disdagnakerkop dan UKM Karanganyar dan Sekretariat DPRD Kabupaten Karanganyar. Kasus terbaru muncul di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta.

Share