SOLOPOS.COM - Polisi menemukan dugaan ritual keluarga kalideres setelah penemuan empat jasad satu keluarga di dalam rumah dan kondisinya sudah mengering.

Solopos.com, SOLO–Kasus meninggalnya satu keluarga di Kawasan Kalideres Jakarta Barat sedikit demi sedikit terungkap, dengan temuan paman dari keluarga itu, Budiyanto Gunawan, 68, atas dugaan aktivitas ritual keluarga Kalideres.

Dari penelusuran Solopos.com, Rabu (30/11/2022), polisi menemukan barang-barang seperti buku-buku lintas agama serta mantra hingga kemenyan yang mendukung dugaan aktivitas ritual keluarga Kalideres tersebut.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi mengatakan aktivitas ritual keluarga Kalideres tersebut diduga menjadi kepercayaan/keyakinan untuk membuat kondisi dalam keluarga menjadi lebih baik.

“Hal ini mengakibatkan adanya suatu belief [kepercayaan/keyakinan] dalam keluarga tersebut bahwa upaya untuk membuat kondisi lebih baik” ujar Hengki kepada wartawan, Selasa (29/11/2022).

Baca Juga: Empat Jasad Mengering di Kalideres, Sorotan Mengarah ke Korban Terakhir

Selain itu, aktivitas ritual keluarga di Kalideres itu juga diyakini oleh keluarga tersebut dapat mengatasi masalah dalam keluarga.

“Atau mengatasi masalah yang terjadi dalam keluarga, dilakukan melalui ritual tertentu,” jelas dia.

Hengki menambahkan polisi akan berkoordinasi dengan sosiologi agama terkait temuan dugaan ritual keluarga Kalideres ini.

Hengki Haryadi juga enggan berspekulasi dugaan ritual keluarga Kalideres ini terlibat sekte. Dia mengatakan hal itu masih didalami para ahli sosiolog.

“Kalau sekte secara umum adalah kelompok keagamaan atau politik yang memisahkan diri dari kelompok yang lebih besar. Biasanya karena pertikaian tentang masalah-masalah doktriner. Nah ini hanya empat orang. Nanti yang jawab ahlinya,” jelas Hengki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya