4 Mitos Onggo-Inggi: Cuma Serangga Kecil - Jin Penjaga Keraton Solo

Ada empat mitos terkait sosok misterius Onggo-Inggi, dari penunggu Jembatan Jurug Lama, jin penjaga Keraton Solo, hingga dayang Bengawan Solo.

 Ilustrasi serangga yang dikaitkan dengan Onggo-Inggi. (Instagram/@misterisolo)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi serangga yang dikaitkan dengan Onggo-Inggi. (Instagram/@misterisolo)

Solopos.com, SOLO — Sosok misterius Onggo-Inggi yang begitu familiar di kalangan masyarakat yang tinggal di bantaran Sungai Bengawan Solo ternyata mempunyai mitos yang beragam.

Mahkluk halus satu ini digambarkan sebagai sosok yang berbentuk kepala tanpa badan yang mempunyai rambut panjang. Di mana rambutnya tersebut kerap digunakan Onggo-Inggi untuk melilit mangsanya yang akan diambil jiwanya.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Selain itu, Onggo-Inggi memiliki kulit pucat dan terlihat melepuh dengan gigi taring seperti biji timun.

Baca Juga:  Punya Kiai Terbanyak di Jateng, Pati Justru Terkenal Kota Paranormal

Tetapi, wujud Onggo-Inggi di atas dianggap hanya mitos belaka. Banyak yang beranggapan sosok Onggo-Inggi hanya serangga kecil. Hal tersebut sengaja dibuat agar anak-anak tidak bermain di bantaran kali.

“Menurut mereka, Onggo-Inggi hanyalah serangga kecil yang mampu berjalan di atas air,” cerita pengelola akun Instagram @misterisolo dalam unggahannya.

Lain halnya dengan tiga mitos berikut ini. Onggo-Inggi dipercaya sebagai sosok penunggu Jembatan Jurug Lama Solo hingga Kali Bengawan Solo yang suka meneror anak perawan dan perjaka.

Baca Juga: Kenapa Candi Gana di Klaten Disebut Candi Asu?

Bukan hanya penunggu, Onggo-Inggi juga diklaim sebagai dayang yang tinggal di pusaran Bengawan Solo. “Onggo-Inggi dianggap momok yang sering meneror anak perawan dan perjaka yang tinggal dari dalam arus sungai. Lantas apakah hal tersebut benar adanya? Beberapa cerita leluhur menyebutkan bahwa sosok Onggi-Inggi merupakan dayang yang tinggal di dalam pusaran kali Bengawan Solo,” tambah dia.

Onggo-Inggi juga dipercaya sebagai salah satu penunggu Jembatan Jurug Lama yang lokasinya berada di perbatasan Solo dan Karanganyar, Jawa Tengah.

Baca Juga:  Kenapa Nama Sala Berubah Jadi Solo? Ternyata Ini Sejarahnya

“Sosok gundul pringis merupakan sosok yang sering menampakkan wujudnya kepada warga di sekitar jembatan ini. Konon, kemunculannya berupa batok kepala berambut yang berserakan di tepian sungai. Bahkan legenda Onggo-Inggi juga banyak muncul di daerah ini,” ungkap pengelola akun Instagram @misterisolo.

Mitos terakhir dari makhluk ini menyebutkan Onggo-Inggi dipercaya sebagai jin penjaga Keraton Solo yang memang ditugaskan untuk menjaga kedaulatan keraton.

Baca Juga:  Siapa Saja Sih Artis Lulusan SMAN 7 Solo?

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Sebelum jadi Alat Pengendali Massa, Gas Air Mata Dipakai dalam Perang Dunia I

      Sebelum jadi Alat Pengendali Massa, Gas Air Mata Dipakai dalam Perang Dunia I

      Dewasa ini gas air mata dipakai aparat untuk membubarkan massa yang berpotensi menimbulkan keributan seperti saat terjadi demonstrasi. Jauh sebelum itu, gas air mata pernah dipakai sebagai salah satu kelengkapan persenjataan dalam Perang Dunia I.

      Berita Terkini

      Aniaya Pegawai Koperasi, Perangkat Desa Asal Sidoharjo Wonogiri Ditahan Polisi

      Seorang perangkat desa asal Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, HDK,36, ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan tindak pidana penganiayaan terhadap seorang pegawai koperasi, Rabu (28/9/2022).

      2.500 Perempuan Berkebaya Bersama Ibu Negara di Solo Pecahkan Rekor Muri

      Parade berkebaya bersama Ibu Negara Iriana Jokowi yang diikuti 2.500 perempuan di Solo, Minggu (2/10/2022), berhasil tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri)

      Giliran Fiersa Besari-Rizky Febian Bikin Seru Solo Batik Music Festival

      Sejumlah artis nasional seperti Fiersa Besari dan Rizky Febian giliran menghibur penonton Solo Batik Music Festival di Pamedan Pura Mangkunegaran, Minggu (2/10/2022).

      Pengelola Belum Tahu Kapan Jembatan Sasak Mojolaban-Beton Solo Dibuka Kembali

      Pengelola jembatan sasak Beton, Sewu, Solo, ke Gadingan, Mojolaban, Sukoharjo, belum tahu kapan jembatan dari bambu itu akan dibuka kembali.

      Asal Usul Sebutan Sate Jamu di Solo dan Mitos Daging Anjing Dongkrak Vitalitas

      Dulu sebelum tahun 2007, warung-warung kuliner daging anjing di Kota Solo menggunakan branding sate jamu di tenda-tenda mereka.

      Patung Nyi Roro Kidul Jadi Salah Satu Ikon di Wonogiri

      Patung Nyi Roro Kidul Wonogiri terletak di ruas jalan raya Krisak, Singodutan, Selogiri.

      Belum Banyak Diketahui Orang, Megahnya Air Terjun Jurug Kemukus di Wonogiri

      Wonogiri ternyata tak hanya memiliki banyak pantai yang eksotis dan alami.

      Dibangun sebelum Kemerdekaan RI, Masjid At Taqwa Wonogiri Tetap Kokoh Berdiri

      Masjid Agung At Taqwa terletak di pusat kota, tepatnya berada di Jl. KH Ahmad Dahlan, Sabggrahan, Giripurwo, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

      Pemakaman Dian Nafi' di Sukoharjo: Kapolda Melayat, Presiden Jokowi Kirim Bunga

      Proses pemakaman pimpinan Ponpes Al-Muayyad, Windan, Sukoharjo, KH Dian Nafi', dihadiri sejumlah tokoh penting, sedangkan Presiden Jokowi mengirim karangan bunga.

      Jembatan Sasak Mojolaban-Beton Solo Ditutup, Pengelola Rugi Jutaan Rupiah

      Pengelola jembatan sasak Beton, Sewu, Solo, ke Gadingan, Mojolaban, Sukoharjo, mengalami kerugian jutaan rupiah akibat jembatan itu ditutup, per Sabtu (1/10/2022).

      Tersandung Kasus Korupsi, Pemkab Lucuti Fasilitas Kades Berjo Karanganyar

      Dispermades Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah mengajukan pemberhentian sementara jabatan Kepala Desa (Kades) Berjo, Ngargoyoso, Suyatno, ke Bupati.

      Cerita Kopi Asli Wonogiri, Dulu Disepelekan Petani Kini Jadi Tanaman Unggulan

      Perlahan tapi pasti, kopi asli Wonogiri mendapat pengakuan dari para penikmat kopi.

      Sempat Kucing-kucingan, Polisi Kukut 10 Motor Balap Liar di Jl Lawu Karanganyar

      Polsek Karanganyar di Kabupaten Karanganyar menggagalkan aksi balapan liar di sepanjang Jalan Lawu dari Simpang Lima Bejen sampai Taman Makam Pahlawan pada Minggu (2/10/2022) dini hari.

      Momen Ibu Negara Iriana dan 2.500 Perempuan Berkebaya Banjiri Jalan Utama Solo

      Sekitar 2.500 perempuan berkebaya membanjiri Jl Slamet Riyadi, Solo, dalam parade bersama Ibu Negara Iriana Jokowi, Minggu (2/10/2022) sore.

      Kreasi Pelajar SMKN Jatipuro Karanganyar Ciptakan Batik Ciprat

      Pelajar SMK Negeri Jatipuro di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah membuat kreasi motif batik ciprat.