SOLOPOS.COM - Ilustrasi Covid-19 atau virus corona (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Sejumlah pejabat di berbagai negara dunia mengakui gagal menghadapi pandemi virus corona Covid-19. Beberapa di antaranya pejabat Menteri Kesehatan di sejumlah negara memilih untuk mundur dengan berbagai alasan.

Worldometers mencatat pada Senin (13/4/2020) virus corona Covid-19 telah menjangkit 1.853.604 dengan 114.270 orang yang meninggal dan 427.801 orang yang dinyatakan sembuh. Amerika Serikat, Spanyol, dan Italia menjadi tiga teratas negara yang terdampak paling parah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mudik Saat Wabah Corona, Para Perantau asal Jepara Minta Cerai

Banyak pejabat dunia yang mengundurkan diri dengan alasan tidak bisa mengendalikan kasus yang terus bertambah di negara mereka. Berikut beberapa pejabat yang mengundurkan diri akibat virus Corona Covid-19 sebagaimana dilansir Detik.com:

Menkes Belanda

Menteri Kesehatan Belanda, Bruno Bruins, mengundurkan diri dari jabatannya. Ia umumkan pengunduran dirinya pada Kamis (19/3/2020). Sehari sebelumnya ia mengalami kolaps akibat kelelahan bekerja memimpin penanganan virus Corona COVID-19. Pemerintah Belanda menunjuk Wakil Perdana Menteri Hugo De Jonge untuk sementara menggantikan tugas Bruno.

RS UNS Solo Mulai Layani Tes Swab Pasien Covid-19, Sehari Bisa Uji 50 Spesimen

Menkes Rumania

Mengutip Bloomberg, Menteri Kesehatan Rumania Victor Costache, mengundurkan diri. Victor Costache akan digantikan oleh wakilnya Nelu Tataru. Saat ini Rumania berjuang menahan penyebaran virus Corona setelah ratusan dokter dan perawat dinyatakan positif di tengah kurangnya peralatan medis yang memadai.

Semua Pasien Positif Corona di Vietnam Sembuh, Metodenya Layak Dicoba

Menkes Ekuador

Menteri Kesehatan Ekuador Catalina Andramuno, mengundurkan diri pada Sabtu (21/3/2020). Ia mengundurkan diri tepat setelah negara tersebut mengumumkan jumlah kasus virus Corona COVID-19 yang melonjak. Pemerintah telah menunjuk Juan Carlos Zevallos, seorang dokter sebagai pengganti Catalina, seperti dilansir Reuters.

Menkes Selandia Baru

Menteri Kesehatan Selandia Baru, Dr David Clark mengajukan pengunduran dirinya setelah melanggar aturan lockdown di negaranya dengan mengajak keluarganya ke pantai.

Perdana Menteri Jacinda Ardern menolak usulan mundur Clark selama pandemi Corona berlangsung. Ardern mengatakan akan memecatnya setelah pandemi Corona berakhir.

Polisi Tuding Anarko Rancang Penjarahan di Jawa, YLBHI: Jangan Sampai Darurat Sipil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya