Tutup Iklan

4 Masjid & 1 Gereja Ini Terima Dana Hibah Rp439 Juta dari Pemkot Salatiga

Pemkot Salatiga memberikan hibah kepada sejumlah masjid dan gereja untuk menggerakkan swadaya masyarakat.

 Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, menyaksikan penandatanganan penerimaan dana hibah bidang keagamaan di rumah dinasnya, Rabu (8/9/2021). (Humas Pemkot Salatiga)

SOLOPOS.COM - Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, menyaksikan penandatanganan penerimaan dana hibah bidang keagamaan di rumah dinasnya, Rabu (8/9/2021). (Humas Pemkot Salatiga)

Solopos.com, SEMARANG – Empat masjid, dua yayasan dan satu gereja di Kota Salatiga mendapatkan dana hibah bidang keagamaan dari APBD Kota Salatiga tahun 2021. Besaran dana hibah untuk tujuh lembaga keagamaan itu mencapai Rp439 juta.

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, berharap dana hibah itu bisa dimanfaatkan untuk kegiatan yang bermanfaat bagi umat. “Pemkot Salatiga menyalurkan dana hibah bidang keagamaan mencapai Rp439 juta untuk satu gereja, empat masjid, dan dua yayasan. Penyaluran dana hibah itu sesuai dengan Keputusan Wali Kota Salatiga No. 400/426/2021,” ujar Yuliyanto di rumah dinasnya, Rabu (8/9/2021).

Yuliyanto mengatakan meski pun nominal dana hibah yang diberikan Pemkot Salatiga tiga sesuai dengan proposal permintaan, ia berharap dana itu bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya sesuai target yang ditetapkan.

Baca Juga: 230 Sekolah di Salatiga Mulai Gelar PTM Terbatas

“Dana hibah ini sifatnya simultan, sedangkan dalam upaya membangun rumah ibadah tentu saja dana yang dibutuhkan tidak sedikit. Saya berharap bantuan ini bisa memotivasi dan menggerakan swadaya masyarakat, sehingga pembangunan fasilitas ibadah terlaksana dengan baik,” ujar Yuliyanto.

Penyaluran hibah, lanjut Yuliyanto mempunyai perjalanan yang tidak mudah, dan melalui prosedur yang panjang agar dilaksanakan dengan tepat dan dipertanggungjawabkan negara. Tiga hal yang harus diperhatikan, yakni tertib administrasi, tertib keuangan, dan tertib waktu.

“Saya minta agar seluruh penerima hibah bisa menindaklanjuti pencairan dana dengan segera merealisasikan pembangunan yang telah direncanakan. Jangan sampai dana hibah yang tujuannya baik, malah menimbulkan masalah dikemudian hari,” imbuh Wali Kota Salatiga.

Baca Juga: 4 Keunikan Salatiga, Salah Satunya Kota Paling Toleran di Indonesia

Ada pun tujuh lembaga keagamaan yang menerima dana hibah APBD Salatiga 2021 itu yakni Masjid Al Fudhola, Yayasan Sosial Masjid Assodiqin Cebongan. Kemudian, Masjid Al Falah Ngemplak Dukuh, Masjid Al Barokah Karangalit Dukuh, Yayasan Nurus Saadah Dliko Indah Blotongan Salatiga, Masjid Miftahul Huda Butuh Kutowinangun Lor, dan Gereja Protestan Indonesia bagian Barat (GPIB) Tamansari Kota Salatiga.


Berita Terkait

Berita Terkini

E-LIC Presisi, Inovasi Polres Grobogan Bantu Pelaku Usaha

Polres Grobogan membuat gebrakan dengan meluncurkan program Bebasan diiringi pengenalan E-LIC Presisi melalui web service; www.e-licpresisi.com bagi pelaku usaha.

Tegal Darurat Kekerasan Seksual, Belasan Anak Dicabuli

Kota Tegal sedang darurat kasus kekerasan seksual dengan mayoritas anak-anak yang menjadi korban.

Keterlaluan! Guru SD di Cilacap Cabuli Belasan Siswi saat Jam Istirahat

Seorang guru agama di sebuah sekolah dasar atau SD di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), melakukan pencabulan terhadap belasan siswi dalam kurun waktu tiga bulan.

Tikus Pithi Noto Baris Tertulis di Ramalan Jayabaya, Ini Maknanya

Tikus pithi anoto baris merupakan salah satu ramalan Jayabaya yang belum terjadi.

Ditangkap! Penyebar Video Mesum Pelajar Salatiga yang Viral

Aparat Polres Salatiga menangkap pelaku perekam dan penyebar video viral berdurasi 30 menit yang memperlihatkan perbuatan mesum pelajar sebuah SMK di Kota Salatiga.

Miris! 14 Anak di Tegal Jadi Korban Kekerasan Seksual pada 2021

Sebanyak 14 anak di Kota Tegal, Jawa Tengah (Jateng), menjadi korban kekerasan seksual pada tahun 2021 ini.

Kecelakaan Maut di Demak Sebabkan 3 Orang Meninggal, Sopir Bus Ditahan

Sopir bus kecil yang terlibat kecelakaan maut di Jalan Raya Semarang-Demak, Kabupaten Demak, ditahan untuk menjalani pemeriksaan akibat peristiwa yang menyebabkan tiga orang meninggal itu.

Suku Jawa dan Sunda Damai Lewat Nama Jalan

Perdamaian antara Suku Jawa dan Sunda setelah Perang Bubat sekitar 661 tahun lalu ditandai dengan penamaan jalan di wilayah masing-masing.

3 Lokasi di Gunung Muria Ini Cocok Lokasi Proyek Nuklir, Tapi...

Hasil penelitian pada 1991-1996 menyebutkan tiga lokasi di Kabupaten Jepara yang berada di sekitar Gunung Muria cocok dijadikan tempat pembangunan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN).

Deklarasi Dukungan Airlangga Capres Muncul dari Semarang

Sejumlah orang yang tergabung dalam Relawan Airpres mendeklarasikan dukungan kepada Airlangga Hartarto untuk maju sebagai capres pada Pilpres 2024 di Kota Semarang, Jateng.

Alami Hipotermia, Pendaki Gunung Merbabu Dievakuasi

Seorang pendaki Gunung Merbabu dievakuasi tim SAR gabungan di pos kedua Suwanting karena mengalami hipotermia.

Jelang Nataru, Penumpang di Bandara Ahmad Yani Semarang Melonjak

Menjelang libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 atau Nataru, Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang mencatat adanya lonjakan penumpang.

Ini Strategi Wagub Jateng Kurangi Angka Kemiskinan

Wakil Gubernur Jawa Tengah atau Wagub Jateng, Taj Yasin, menyebut Progam Desa Sejahtera bisa mengurangi angka kemiskinan ekstrem di Jateng.

Kapolda Jateng Pastikan Tak Ada Penyekatan, Cuma Check Point

Kapolda Jateng mengatakan selain membuat check point, pihaknya juga akan mengaktifkan lagi posko PPKM mikro di desa dan kelurahan.

Satu Nelayan Yang Hilang di Mandalika Jepara Ditemukan Meninggal

Sunarji, warga Pati, satu dari dua nelayan yang hilang saat melaut di Perairan Mandalika, Kabupaten Jepara, ditemukan meninggal.

Selamat! HB FC Salatiga Lolos 10 Besar Piala Soeratin Jateng

Tim Hati Beriman atau HB FC memastikan langkahnya ke babak 10 besar Piala Soeratin U-17 Jawa Tengah (Jateng).