SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Kurma menjadi salah satu buah primadona saat bulan Ramadan. Buah asal Timur Tengah itu cukup populer di Indonesia. Kebanyakan orang mengonsumsi kurma saat berbuka puasa. Selain rasanya yang manis, kurma ternyata punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Nah, tahukah Anda apa saja manfaat kurma bagi tubuh? Simak ulasan tips kesehatan yang dihimpun dari Boldsky, Selasa (7/5/2019) berikut:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Meningkatkan energi

Layaknya minuman penambah energi dan stamina, buah yang dapat tumbuh di tanah tandus itu juga mampu menjadi energy booster. Kurma mengandung gula alami seperti fruktosa, sukrosa, dan glukosa. Namun, kadar gula yang tinggi pada kurma tidak akan menyebabkan berat tubuh bertambah.

Mengatasi sembelit

Kurma kaya akan serat yang mampu mengatasi sembelit. Buah asli Timur Tengah itu pun membantu merangsang sekresi enzim pencernaan di perut. Mengonsumsi kurma pun mampu meningkatkan gerakan peristaltik di usus yang berfungsi mendorong kotoran ke arah anus.

Menstabilkan tekanan darah

Kurma kaya akan zat besi, kalium, magnesium, vitamin A, serta antioksidan. Zat besi dalam kurma berperan dalam pembentukan hemoglobin dalam darah. Sedangkan kandungan kalium serta magnesium dalam kurma mampu menstabilkan tekanan darah. Mengonsumsi kurma secara teratur juga dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah, sehingga membantu melancarkan aliran darah, serta mencegah serangan jantung.

Mengurangi tingkat kolesterol

Kurma membantu mengusir kolesterol jahat sehingga mampu menjaga kesehatan tubuh. Kurma adalah salah satu makanan yang dapat membantu proses detoksifikasi alias penetralan racun alami di dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya