SOLOPOS.COM - ilustrasi

Solopos.com, SOLO--Sebagian dari kita menganggap bahwa kegagalan adalah guru terbaik. Namun mengapa kita selalu mendapatkan kegagalan yang sama? Masalah kegagalan mungkin menjadi guru yang terbaik adalah sebuah pesan yang masih belum jelas.

Mencari tahu tentang penyebab dari kegagalan bukanlah perkara mudah. Belum lagi perasaan malu, putus asa, dan kecewa yang mungkin masih melekat dalam diri kita.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Untuk bisa belajar dari kegagalan, kita membutuhkan trik tertentu. Kita perlu suatu metode menyimpulkan apa sebenarnya pelajaran dan bagaimana kita dapat meningkatkan peluang keberhasilan kita di masa depan. Berikut 4 kunci yang dapat anda lakukan setelah anda mengalami kegagalan seperti yang dilansir Huffingtonpost, Kamis, (10/10/2013):

1. Mengevaluasi Rencana
Berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk merencanakan untuk mencapai hasil yang terbaik? Berapa banyak pikiran Anda untuk mengantisipasi rintangan atau masalah yang mungkin timbul dan mencari tahu capa yang akan Anda lakukan jika kegagalan menghampiri Anda?

Sebagian orang menghabiskan sedikit waktu pada perencanaan. Di masa depan, pastikan Anda untuk merencanakan strategi Anda, pertimbangkan mengenai kegagalan yang mungkin muncul dan mencari cara untuk mengatasinya sebelum Anda memulainya.

2. Mengevaluasi  Persiapan
Mengevaluasi persiapan Anda. Ini merupakan langkah yang sering terlewatkan meskipun ini menjadi salah satu masalah yang sangat krusial. Sebagai contoh, ketika seseorang berencana untuk diet.

Ini artinya dia harus menyiapkan makanan sehat dan mulai menyingirkan makan yang tidak sehat. Dimasa depan, pastikan Anda mempersiapkan dengan menempatkan unsur-unsur yang dapat meningkatkan kemungkinan Anda untuk sukses dan meminimalkan kemungkinan kegagalan.

3. Mengevaluasi Eksekusi
Mengevaluasi Eksekusi Anda. Apakah Anda konsisten ataukah Anda terbilang lambat dalam bekerja? Kembali menilai upaya apa saja yang telah Anda lakukan.

Mengidentifikasi hal-hal yang menyebabkan Anda kehilangan motivasi dalam eksekusi yang sehingga kegagalan tak terhindarkan. Di masa depan, Anda harus mengantisipasi peristiwa tersebut dan merencanakan cara Anda untuk mengatasinya.

4. Mengontrol Diri
Kegagalan dapat membuat kita terasa pasif dan tak berdaya dan seakan membawa kita untuk pesimis untuk memulainya kembali. Pemikiran inilah yang harus kita tinggalkan. Mulailah perpikir secara logis dan jagan ragu untuk memulainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya