4 Kuliner Khas yang Patut Dicoba Pengunjung di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Waduk Gajah Mungkur menyimpan kuliner khas Wonogiri.

 Warung Makan Pak Dwi menyajikan kuliner khas Wisata Waduk Gajah Mungkur atau WGM Wonogiri, yakni ikan nila bakar/goreng. Warung yang juga menyediakan oleh-oleh ikan goreng itu berada di Kedungareng RT 003/RW 001, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri tak jauh dari Wisata WGM. Foto diambil Jumat (14/5/2021). (Solopos/Rudi Hartono)

SOLOPOS.COM - Warung Makan Pak Dwi menyajikan kuliner khas Wisata Waduk Gajah Mungkur atau WGM Wonogiri, yakni ikan nila bakar/goreng. Warung yang juga menyediakan oleh-oleh ikan goreng itu berada di Kedungareng RT 003/RW 001, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri tak jauh dari Wisata WGM. Foto diambil Jumat (14/5/2021). (Solopos/Rudi Hartono)

Solopos.com, WONOGIRIWaduk Gajah Mungkur menyimpan kuliner khas Wonogiri. Tak jarang, kuliner khas itu menjadi oleh-oleh yang dibawa pulang para pengunjung.

Keberadaan kuliner khas semakin melengkapi keelokan Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Sembari menikmati objek wisata, pengunjung dapat membeli kuliner khas tersebut dengan harga relatif terjangkau.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Berikut kuliner khas di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri:

1. Wader Goreng

Dilansir dari www.itrip.id, Kamis (6/10/2022), wader goreng menjadi makanan khas pertama yang wajib anda nikmati kelezatannya saat berkunjung ke Waduk Gajah Mungkur.

Baca Juga: Fenomena Kemarau, Jalan Lama di WGM Wonogiri Muncul saat Air Menyusut

Ikan wader dimasak dengan cara digoreng. Sebelum digoreng, ikan terlebih dahulu dibumbui dan dibalut dengan adonan tepung beras. Bahan tersebutlah yang menjadikan teksturnya renyah diluar.

Solopos.com juga pernah mengulik wader goreng di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, Jumat (1/10/2021). Marti, 45, penjual ikan goreng Dik Danar mengatakan harga wader goreng bervariasi.

Wader goreng 0,25 kg dijual seharga Rp20.000 (jenis wader biasa). Wader goreng yang lebih sedikit duri (orang menyebut babyfish) 0,25 kg dijual Rp25.000.
Wader biasa 1 kg dijual Rp75.000, sedangkan yang lebih sedikit duri Rp100.00. Konsumen boleh membeli 1 ons wader biasa seharga Rp8.000.

2. Tawes Goreng

Baca Juga: WGM Segera Direvitalisasi, Pemenang Lelang Diminta Bertemu Bupati Wonogiri

Kuliner Khas di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri berikutnya, yakni tawes goreng. Harga tawes goreng juga lumayan terjangkau.

Saat Oktober 2021, tawes goreng biasa dijual Rp50.000/kg. Jika ada yang membeli 0,25 kg dijual seharga Rp15.000.

3. Patin Goreng

Patin menjadi juga menjadi kuliner Khas di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Di awal Oktober 2021, harga patin senilai Rp60.000/kg (tanpa kepala).

Baca Juga: Razia Penggunaan Branjang di WGM Wonogiri Dilakukan 3 Kali/Tahun

Konsumen juga dapat membeli 0,5 kg dengan harga separuhnya. Kepala patin dijual 20.000/kg. Oleh-oleh kepala patin goreng paling cepat habis karena dagangan sedikit.

4. Udang Goreng

Udang goreng juga dikenal sebagai kuliner Khas di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Layaknya wader goreng, udang goreng di Waduk Gajah Mungkur biasanya ditaruh di bagian depan warung dan disajikan menyerupai gunungan.

Udang yang di sekitar WGM bukan asli dari waduk, melainkan dari luar daerah. Meski begitu rasa udang di WGM tetap gurih dan nikmat.

Baca Juga: Rusak Populasi Ikan, DPRD Wonogiri Soroti Penggunaan Branjang di WGM

Demikian tadi sedikitnya empat kuliner Khas di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Di luar itu, tentunya masih ada kuliner lainnya yang patut dicoba saat berkunjung ke waduk.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Bendungan Kuno di Sabranglor Klaten Ini Disulap Jadi Blumbang Tempat Memancing

      Blumbang Sabranglor, Trucuk, Klaten dulunya dikenal sebagai bendungan kuno.

      Menikmati Pesona Pantai Puyangan Wonogiri dengan Pasir Putih

      Pantai Puyangan berlokasi di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

      Pantai Jujugan Wonogiri, Wisata Tersembunyi di Antara Tebing Karang

      Pantai Jujugan merupakan salah satu dari sekian banyak pantai di Wonogiri yang tersembunyi di antara tebing karang.

      Bukit Sidoguro Klaten, Taman Cantik dengan Pemandangan Rawa Jombor yang Menarik

      Kabupaten Klaten memiliki objek wisata berupa taman cantik seperti di luar negeri, yakni Bukit Sidoguro.

      Transaksi Nontunai di Sragen Tertinggi di Soloraya, Kedelapan Nasional

      Implementasi transaksi nontunai di Sragen di klaim tertinggi di Soloraya. Pemkab Sragen sudah menerapkan transaksi nontunai untuk setiap pembayaran hampir di semua bidang.

      Liga 3 Tak Kunjung Dimulai, Sejumlah Pemain Persiwi Wonogiri Menganggur

      Seluruh kompetisi resmi sepak bola dari Liga 1 hingga Liga 3 di Tanah Air belum kunjung bergulir sejak munculnya tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kota Malang, awal Oktober 2022.

      Polres Klaten Serahkan Bantuan 40 Sak Semen ke Masjid Miftahul Jannah Jimbung

      Polres Klaten menyerahkan bantuan guna mendukung renovasi Masjid Miftahul Jannah, Dukuh Ngasinan, Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes.

      Ini Profil Aipda Joko Mudo, Penumpang Helikopter Polisi yang Jatuh asal Sragen

      Aipda Joko Mudo menjadi salah satu korban jatuhnya Helikopter polisi. Ia dikenal sebagai sosok yang baik dan berhasil mengangkat derajat keluarga.

      Gunakan Knalpot Brong di Jl Slamet Riyadi Solo, 5 Sepeda Motor Disita

      Call center tim Sparta Polresta Solo banyak menerima aduan dan keluhan pengguna jalan maupun masyarakat lantaran terganggu suara knalpot brong.

      Filosofi Klepon, Kudapan yang akan Hadir di Pernikahan Kaesang-Erina

      Kue klepon merupakan makanan ringan tradisional yang berasal dari Jawa. Diceritakan, klepon untuk kali pertama diperkenalkan oleh imigran Indonesia kepada masyarakat Belanda pada 1950-an.

      Penumpang Helikopter Jatuh Asal Sragen Ditemukan, Keluarga Korban Bisa Menerima

      Salah satu penumpang helikopter polisi yang jatuh asal Sragen, Aipda Joko Mudo, telah ditemukan namun dalam kondisi meninggal dunia. Keluarga korban ingin almarhum dimakamkan di Sragen.

      Jejak Harta Karun Emas di Musuk Boyolali: Disebut Pripih, Bertulis Huruf Kawi

      Temuan artefak kebudayaan di Boyolali berbentuk pripih yang diyakini sebagai harta karun pada zaman dulu.

      3 Produk Pangan Strategi Ludes dalam 2 Jam di Pasar Murah Sragen

      Pasar murah itu dihelat sebagai rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 Provinsi Jateng.

      Besok, Instalasi Lampu Meriahkan Natal di Kawasan Pasar Gede Solo Dinyalakan

      Panitia akan menyalakan instalasi lampu perayaan Natal di Jl. Jenderal Sudirman dan Urip Sumoharjo pada Kamis (1/12/2022).

      Fixed! Dewan Pengupahan Sukoharjo Usul UMK 2023 Naik Rp140.121

      Dewan Pengupahan Sukoharjo telah mengusulan kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) 2023 sebesar 7,01 persen dari UMK sebelumnya.