SOLOPOS.COM - Ilustrasi (netterpreneur.net)

Ilustrasi (netterpreneur.net)

Saat bekerja sendiri atau memulai bisnis di rumah, ada beberapa kesalahan yang sebaiknya dihindari oleh para pengusaha.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Terlalu sering di rumah

Ekspedisi Mudik 2024

Kesepian merupakan salah satu masalah yang biasanya dialami oleh para pengusaha yang bekerja sendiri di rumah. Menurut Anne Alexander, career coach asal North Carolina, AS, seperti dikutip oleh Entrepreneur.com, banyak orang yang akhirnya terisolasi dari dunia luar saat bekerja di rumah.

Sebaiknya, selalu sediakan waktu untuk meeting atau bertatap muka dengan klien serta makan siang bersama partner kerja Anda. Cara ini juga bisa membuat pekerjaan Anda tidak terkesan monoton dan tidak membuat Anda mudah bosan.

Bekerja setiap hari

Karena rumah dan kantor menjadi satu, akibatnya Anda tidak bisa memisahkan antara pekerjaan dan kehidupan rumah tangga. Namun, dengan mengaplikasikan cara kerja setiap saat, 24 jam dan 7 hari seminggu ini, bisa membuat Anda merasa kelelahan. Ada baiknya Anda membuat sendiri ruangan kantor di rumah, jadi semua pekerjaan bisa dilakukan di situ. Sementara di tempat lainnya seperti ruang keluarga dan kamar tidur, Anda harus melupakan pekerjaan.

Bergantung pada pasangan

Tanpa adanya rekan kerja, kadang Anda jadi bergantung pada pasangan untuk membantu pekerjaan atau bisnis Anda. Sesekali dilakukan memang tidak masalah, selama itu juga tidak mengganggu pekerjaan mereka. Tapi menurut Alexander, tidak semua pasangan memahami bisnis Anda, karena itu membicarakan dengan orang yang paham soal bisnis akan lebih baik.

Tidak memakai rencana

Setiap harinya, pastikan Anda membuat rencana kerja agar bisa lebih produktif. Menurut Elaine Quinn, penulis buku There’s No Place Like Working From Home, tanpa adanya perencanaan bagaimana Anda menghabiskan waktu, tanpa disadari hari Anda bisa lewat begitu saja. Lebih baik susun pekerjaan atau tugas yang harus diselesaikan segera, dan langsung kerjakan itu agar tidak ada kesempatan bagi Anda untuk menunda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya