SOLOPOS.COM - Ilustrasi laptop (Cnet.com)

Inilah empat kesalahan umum saat memakai laptop.

Solopos.com, SOLO – Saat ini, laptop menjadi salah satu barang pokok yang dipakai semua kalangan, mulai dari pelajar sampai pegawai kantoran. Sebab, hampir seluruh pekerjaan saat ini sangat bergantung dengan penggunaan gadget tersebut. Bentuknya yang praktis dan harga terjangkau membuat banyak orang memilikinya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Meski sudah akrab dengan laptop, faktanya masih banyak orang yang kerap melakukan kesalahan dalam menggunakannya. Kesalahan tersebut berakibat pada menurunnya kinerja laptop. Jika dibiarkan, laptop tentu akan cepat rusak.

Mau tahu apa saja kesalahan yang kerap dilakukan saat menggunakan laptop? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Tech Republic, Sabtu (6/5/2017), berikut ini:

Ekspedisi Mudik 2024

Memangku laptop

Memangku laptop merupakan satu kesalahan yang paling banyak dilakukan. Biasanya, seseorang sengaja memangku laptop di paha dengan tujuan memudahkan pekerjaan lantaran tidak ada meja atau kursi. Sayangnya, hal itu justru membawa dampak negatif. Pasalnya, lubang udara di bagian bawah laptop akan tertutupi. Hal itu membuat suhu laptop meningkat drastis alias overheat, yang membuatnya lebih cepat rusak.

Meletakkan laptop di permukaan lunak

Selain memangku, Anda juga tidak boleh meletakkan laptop di permukaan yang lunak seperti karpet, kasur, sofa, atau bantal. Benda dengan permukaan lunak itu akan menahan suhu panas laptop. Jika dibiarkan, lama kelamaan hal itu akan menimbulkan overheat. Sebaiknya, berikan alas berupa papan atau buku bersampul tebal yang kaku di bawah laptop sebelum diletakkan di kasur.

Melepas baterai laptop saat dipakai

Sebagian orang berpikir mengisi daya laptop sambil dipakai akan membuat bperforma baterai menurun. Oleh sebab itu, mereka akan melepas baterai dan mengandalkan aliran listrik langsung untuk menyalakan laptop. Padahal, cara tersebut jelas salah kaprah.

Megecas baterai saat laptop dipakai memang akan menurunkan performa. Sebab, suhu panas akibat pengecasan dan pemakaian tersebut akan meningkat. Tapi, jangan pula melepas betarai laptop begitu saja. Hal itu justru akan membuat laptop semakin cepat rusak. Sebaiknya, lakukan pengecasan saat laptop tidak dipakai. Jika kehabisan baterai di saat darurat, langsung sambungkan pengecas ke aliran listrik dan kurangi pemakaian laptop.

Menyalakan laptop di tempat panas

Suhu udara yang panas ternyata memengaruhi performa perangkat elektronik seperti smartphone dan laptop. Sebaiknya, jangan menyalakan laptop di tempat yang panas karena akan membuat performanya menurun. Jika sedang bepergian, masukkan laptop ke dalam tas khusus agar suhuya tetap stabil.

Itulah beberapa kesalahan fatal yang membuat laptop cepat rusak. Kerusakan laptop tentu akan membuat pekerjaan terasa sulit bukan? Nah, mulai sekarang berhati-hatilah dalam menggunakan laptop. Jangan sampai Anda mengulangi kesalahan tersebut.

Tapi, jika sudah terlanjur rusak, maka tandanya Anda harus segera membeli laptop baru. Tak perlu berlama-lama menunggu diskon di pameran, Anda bisa beli laptop dengan harga terbaik di Tokopedia.

Keberadaan laptop tentu akan sepi tanpa adanya layanan Internet, karena Anda tidak akan bisa streaming musik dan video terbaru. Takut boros kuota? Cobalah langganan streaming video di Tokopedia. Yuk, jadi pekerja sukses yang tak ketinggalan zaman dimulai dari Tokopedia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya