SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Jalan kaki adalah aktivitas yang sangat lazim dilakukan. Meski sangat sederhana, jalan kaki memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Meski demikian, masih banyak orang yang melakukan kesalahan saat berjalan kaki. Mau tahu apa saja kesalahan yang dilakukan orang saat jalan kaki? Simak ulasan berikut ini:

Melangkah terlalu lebar

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jalan merupakan kebiasaan yang dilakukan secara refleks. Nah, ada sejumlah orang yang berjalan dengan langkah terlalu lebar. Padahal, mengutip Live Strong, Kamis (10/1/2019), langkah kaki yang terlalu lebar ini membuat gerakan tubuh lebih berat dan lambat. Betis dan tulang kering bakal terasa nyeri. Jadi, sebaiknya langkahkan kaki dengan jarak yang wajar dan irama cepat untuk menghindari cedera.

Salah pilih alas kaki

Tidak semua alas kaki nyaman dipakai berjalan dalam waktu lama. Jadi, pilihlah alas kaki yang ringan dan memiliki bantalan empuk agar nyaman melangkah. Pastikan alas yang dipakai pas dengan ukuran kaki. Jangan terlalu sempit atau longgar yang membuat kaki lecet.

Menundukkan kepala

Menundukkan kepala saat berjalan untuk mengawasi gerakan kaki atau melihat layar ponsel juga tidak boleh dilakukan. Hal ini membuat punggung, leher, dan bahu terasa nyeri. Jadi, mulai sekarang tegakkan badan dan fokuskan mata pada jalan di depan.

Tidak menggerakkan kepala

Kesalahan lain saat berjalan adalah membiarkan tangan menggantung di sisi tubuh. Sebaiknya, ayunkan tangan ke arah berlawanan dengan langkah kaki. Agar lebih optimal, kepalkan tangan untuk menguatkan otot lengan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya