SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KARANGANYAR — Empat jabatan kepala SKPD di lingkungan Pemkab Karanganyar yang masih kosong segera diisi. Pengisian jabatan kosong tersebut ditargetkan pada Desember 2012.

Sekda Karanganyar, Samsi, mengatakan empat jabatan kepala SKPD di lingkungan Pemkab Karanganyar yang kosong tersebut yakni Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Kantor Kesatuan Kebangsaan dan Perlindungan Masyarakat (Kesbanglimas) Karanganyar.
“Kepala dinasnya sudah pensiun jadi otomatis jabatan empat kepala SKPD masih kosong hingga sekarang,” saat ditemui Solopos.com, Jumat (30/11/2012).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selama ini, empat SKPD tersebut dijabat oleh pelaksana tugas (Plt) agar pelayanan masyarakat tetap berjalan untuk sementara hingga pejabat baru dilantik. Menurutnya, Bupati Karanganyar yang berwenang memilih para calon pejabat yang bakal mengisi kekosongan jabatan tersebut.

Ekspedisi Mudik 2024

Mekanismenya, lanjut Samsi, Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Karanganyar bakal menyeleksi para calon pejabat yang mempunyai kemampuan dan integritas tinggi. Selanjutnya, Bupati Karanganyar bakal memilih calon pejabat dengan mengacu pada keahlian dan kemampuan.

“Bupati akan menyerahkan usulan nama pejabat yang dipilihnya ke Gubernur Jateng. Apabila disetujui Gubernur maka segera diterbitkan surat keputusan (SK) Bupati,” paparnya.

Kemungkinan, pelantikan pejabat baru di lingkungan Pemkab Karanganyar bakal dilaksanakan pada Desember. Hal ini dilakukan agar kinerja setiap SKPD terutama yang jabatannya kosong tetap maksimal.

Menurutnya, Bupati telah mengantongi beberapa nama pejabat untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut. Namun, Samsi enggan membeberkan para calon pejabat tersebut.

“Yang pengisian jabatan yang kosong dilakukan sesuai mekanisme,” jelasnya.

Sementara Ketua DPRD Karanganyar, Sumanto, mendesak agar pihak eksekutif segera mengisi empat jabatan kepala SKPD yang kosong. Dikhawatirkan, pelayanan terhadap masyarakat tidak optimal. Apalagi, saat ini, pimpinan SKPD hanya diisi oleh pelaksana tugas yang tidak berada di kantor setiap hari.

Maka dari itu, pihaknya mendesak agar Bupati segera memilih dan melantik pejabat baru hingga akhir Desember.
“Prioritas utama tetap pelayanan masyarakat, nah kalau tidak ada pimpinan mana mungkin pelayanan bisa maksimal. Kami minta jabatan yang kosong diisi secepatnya,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya