Petugas pemadam kebakaran memadamkan api yang membakar tempat usaha pemotongan kayu di Desa Wonosari, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar, Minggu (25/8/2019). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR -- https://soloraya.solopos.com/read/20190812/494/1011653/rumah-di-colomadu-karanganyar-terbakar-uang-infak-masjid-ikut-hangus" title="Rumah di Colomadu Karanganyar Terbakar, Uang Infak Masjid Ikut Hangus">Kebakaran terjadi di empat lokasi berbeda di kecamatan Kabupaten Karanganyar dalam waktu satu hari, Minggu (25/8/2019).

Informasi yang dihimpun Solopos.com dari Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Karanganyar, kebakaran terjadi di Kecamatan Gondangrejo, Kecamatan Tasikmadu, Kecamatan Jaten, dan Kecamatan Mojogedang.

https://soloraya.solopos.com/read/20190805/494/1010220/si-jago-merah-lahap-dapur-kios-pedagang-kuliner-di-tegalgede-karanganyar" title="Si Jago Merah Lahap Dapur Kios Pedagang Kuliner di Tegalgede Karanganyar">Si jago merah melalap tempat usaha, lahan kosong, dan rumah. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu tetapi korban mengalami kerugian harta benda.

Kebakaran pada Minggu itu kali pertama terjadi pukul 05.00 WIB di tempat pemotongan kayu di Dukuh Silir, Desa Wonosari, Gondangrejo. Tempat usaha itu milik Sutarno.

Salah seorang warga melihat api membakar potongan kayu di tempat usaha itu. Dia melaporkan kejadian itu ke polisi. Akibat kejadian ini sebagian kayu hangus terbakar.

Api juga melalap sejumlah mesin gergaji dan sebagian bangunan ukuran 4 meter x 5 meter. Lokasi tempat usaha dekat dengan rumah dan lahan kosong.

Kebakaran kali kedua terjadi di Pokoh RT 004/RW 004, Desa Ngijo, Tasikmadu, pukul 08.00 WIB. Si jago merah melalap tempat usaha jasa tambal ban milik Budiono.

Informasi yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, api bermula saat Budiono menambal ban. Ternyata selang kompresor bocor. Saat digunakan menambal ban muncul percikan api dan menyambar bensin sehingga terjadi https://soloraya.solopos.com/read/20190731/494/1009358/kebakaran-di-pasar-jambangan-karanganyar-4-kios-ludes" title="Kebakaran di Pasar Jambangan Karanganyar, 4 Kios Ludes">kebakaran.

Unit Pemadam Kebakaran Karanganyar bersama instansi terkait berupaya memadamkan api. Api berhasil dipadamkan pukul 09.15 WIB.

Selang lima jam kemudian, kebakaran kembali terjadi di Jl. Solo-Tawangmangu kilometer 6,7 tepatnya di Desa Dagen, Jaten. Kebakaran melanda lahan kosong di belakang Swalayan Luwes Palur.

Unit Pemadam Kebakaran Karanganyar menerima laporan dari salah satu petugas satpam di sekitar lokasi kejadian pukul 13.00 WIB. Kebakaran diduga karena sisa pembakaran sampah. Api merembet ke tumpukan limbah kayu. Api berhasil dipadamkan pukul 14.10 WIB.

Terakhir kebakaran terjadi di Dukuh Mlanding RT 003/RW 007, Desa Kedungjeruk, Mojogedang. Api melalap rumah milik Ngadino pukul 13.30 WIB. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu.

Api menghanguskan sebagian rumah, dapur, dan ruang tengah. Api diduga dari sisa tungku di dapur. Api menyambar tumpukan jerami tidak jauh dari dapur.

Kepala Satpol PP Karanganyar, Kurniadi Maulato, menuturkan empat kebakaran terjadi di Karanganyar pada Minggu. Unit Pemadam Kebakaran Karanganyar berada di bawah koordinasi Satpol PP Karanganyar.

Dia mengimbau seluruh warga Karanganyar berhati-hati dan waspada saat menyalakan api, terutama pada musim kemarau.

"Jangan membuang puntung rokok sembarangan. Cek instalasi listrik. Kalau bakar sampah atau lahan kosong jangan ditinggal. Ditunggui sampai padam dan harus dilokalisasi supaya tidak merembet ke tempat lain. Matikan kompor dan cabut peralatan elektronik apabila hendak bepergian atau keluar dari rumah," tutur Kurniadi saat dihubungi Solopos.com, Minggu.

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten