4 Kali Bobol Aplikasi Internet, Mahasiswa Ini Juarai Lomba Keamanan Jaringan Nasional
Rizki Maulana, mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer UDB Solo (kiri), menunjukkan piagam Juara I Kompetisi CTF Idsecconf 2018. (Istimewa/UDB)

Solopos.com, SOLO — Mahasiswa Universitas Duta Bangsa (UDB) Solo berhasil meraih Juara I Kompetisi Capture The Flag yakni ajang Indonesia IT Security Conference (Idsecconf) 2018 setelah empat kali berhasil membobol aplikasi Internet. Lomba keamanan jaringan ini adalah lomba kedua yang dia ikuti.

Kegiatan tersebut digelar Komite Idsecconf yang beranggotakan individu independen berbagai komunitas hacker dan keamanan informasi. Rizki Maulana, mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer UDB Solo, meraih Juara I setelah mengungguli 10 peserta lain dari berbagai perguruan tinggi dan umum.

“Dari delapan tantangan untuk membongkar aplikasi Internet berbasis website dan Android, saya dapat melakukan empat. Lebih baik dari peserta lain,” katanya kepada Solopos.com di Kampus Fakultas Ilmu Komputer UDB Solo, Senin (10/12/2018).

Rizki mengatakan kompetisi Capture The Flag (CTF) merupakan salah satu kompetisi dalam bidang keamanan teknologi informasi yang dilakukan dalam bentuk simulasi. Dalam kompetisi CTF Idsecconf di Kampus Universitas Muhammadiyah Malang pada 1-2 Desember 2018, para peserta diminta mencari celah keamanan dan mendapat pesan dalam flag.

Panitia CTF melibatkan Badan Siber dan Sandi Negara serta Asosiasi Pengelola Jasa Internet Indonesia. “Untuk dapat membongkar aplikasi tersebut kita lebih dulu harus dapat mengetahui celah sistem keamanannya,” kata dia.

Keahlian mahasiswa semester IX membobol aplikasi sebelumnya telah teruji dengan meraih Juara II pada Lomba Keamanan Jaringan dan Sistem Informasi yang digelar di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya pada Oktober 2018. “Saya ingin melanjutkan studi S2 Komputer Sains di Tiongkok,” kata Riski.

Dekan Falkultas Ilmu Komputer UDB, Wijiyanto, dalam kesempatan sama mengatakan telah memberikan fasilitas kepada Riski saat berlomba kompetisi CTF Idsecconf 2018 di Malang. “Saat acara wisuda akan ada penghargaan kepada Riski dari universitas,” ujar dia.

Kepala Prodi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer UDB Solo, Joni, menambahkan prestasi tersebut bisa lebih meningkatkan kualitas mahasiswa.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom